Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa Yang Menghasilkan Uang Banyak

Daftar Isi [Tampil]

 

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa Yang Menghasilkan Uang Banyak

Bagi Anda yang merupakan seorang ibu rumah tangga pastinya selalu berharap ingin membuka usaha rumahan sambil mengurus keluarga. Mempunyai tempat tinggal di desa tidak membuat Anda menyerah membangun usaha.

Ada banyak bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan dan bisa menghasilkan uang dalam jumlah banyak, seperti usaha dibidang kuliner, layanan jasa, budidaya tanaman dan hewan. Meskipun memiliki penduduk yang terbatas, namun memiliki kebutuhan yang cukup banyak.


Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan cara membuka usaha di rumah tanpa perlu meninggalkan pekerjaan rumah tangga yang sudah menjadi kewajiban Anda.

Lantas usaha apa yang cocok untuk ibu rumah tangga? Berikut saya berikan daftar usaha sampingan yang bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga di desa.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa

1. Usaha Sampingan Jualan Nasi Bungkus

Peluang usaha nasi bungkus masih tetap menjanjikan kedepannya, sering kita temui banyak penjual nasi bungkus mendapatkan pelanggan cukup banyak. Anda tidak usah membuka sebuah warung, karena bisa memulainya di rumah.

Yang harus diperhatikan dari jenis usaha ini adalah rasa makanan yang dibuat. Buatlah nasi bungkus dengan rasa yang enak, supaya pelanggan nantinya akan sering berlangganan membeli dagangan Anda.

2. Usaha Sampingan Jualan Kue

Selain nasi bungkus, jualan kue sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat untuk dijadikan sarapan dan cemilan. Ada banyak jenis kue yang bisa dibuat dari modal kecil dan bisa untung besar.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha jualan kue ialah cara promosikannya, karena jika tidak memasarkan jualan dengan baik nantinya kue akan tidak habis terjual dan akan basih.

Untuk usaha kue di rumah, cara mempromosikannya cukup melalui media sosial, Anda bisa memposting aneka jenis kue yang dijual beserta alamat usaha Anda, supaya mereka bisa langsung datang ke rumah untuk membeli dagangan Anda.

Dengan begitu, maka Anda bisa memulai usaha cemilan untuk ibu rumah tangga dari berjualan kue tanpa perlu keluar rumah.

Baca juga: Usaha Kue Pukis Kekinian Yang Mudah Dibuat

3. Usaha Mie Ayam Rumahan

Contoh usaha kecil-kecilan di rumah selanjutnya yaitu mie ayam. Salah satu usaha kuliner yang tidak pernah sepi pelanggan adalah usaha mie ayam. Jika belum memiliki modal menyewa tempat dan membangun warung makan, Anda bisa mencobanya di rumah dengan cara membuka usaha mie ayam rumahan.


Anda cukup menyediakan modal untuk membeli gerobak, perlengkapan masak dan bumbu mie ayam supaya bisa berjualan di rumah.

Baca juga : Tips Usaha Mie Ayam Rumahan

4. Usaha Sampingan Budidaya Ikan Hias

Budidaya ikan hias tidak perlu menyediakan lahan luas, karena Anda bisa memulainya dari lahan yang kecil seperti budidaya ikan cupang, jenis ikan hias satu ini sangat menjanjikan dan memiliki banyak pembeli.

Anda bisa membeli bibit ikan cupang yang harganya cukup murah sekitar Rp1000. kemudian membuatkan kolam yang terbuat dari terpal dengan ukuran 300x100x50 cm

Perlu Anda ketahui, ikan cupang mampu menghasilkan 100 – 500 butir telur dari satu induk ikan, Anda bisa menghasilkan uang banyak dari budidaya ikan hias jenis ini.

Baca juga : Bisnis Ikan Hias Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

5. Usaha Ternak Ayam

Beternak ayam di desa sudah sering dilakukan oleh sebagian warga, karena cara memelihara dan merawatnya sangat mudah. Anda bisa memulai usaha ternak ayam modal kecil dengan cara membeli anakan ayam, kemudian membuatkan kandang berukuran kecil dan memberikannya makan supaya bisa cepat besar dan siap panen.

Peluang usaha ternak ayam sangat besar, Anda bisa menjual daging ayam yang dibutuhkan oleh pemilik rumah makan maupun orang yang hobi memakan daging ayam.

Selain dagingnya, telur ayam juga sering dibeli setiap hari, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan banyak dari usaha ternak ayam di rumah.

6. Usaha Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias sudah menjadi hobi rumahan yang bisa menghasilkan uang, tingginya permintaan banyak orang untuk membeli tanaman hias, karena memiliki daun dan bunga yang indah menjadikan usaha rumahan satu ini sering ramai pembeli.

Untuk memulai usaha budidaya tanaman hias, sebaiknya tentukan jenis tanaman hias yang ingin dibudidayakan dan pahami strategi pemasaran yang akan diterapkan.


Jika memiliki anak kecil yang harus dijaga. Jangan khawatir, karena usaha ini sangatlah mudah. Anda cukup membuat pot bunga dan memberikan pupuk pada tanah supaya tanaman cepat tumbuh dan siap di jual. 

7. Usaha Sampingan Jualan Pakaian

Pakaian sudah menjadi kebutuhan primer yang harus dimiliki manusia. Berjualan pakaian bisa Anda coba di rumah, warga desa biasanya akan ke pasar bahkan keluar desa untuk membeli pakaian yang akan dikenakan.

Anda bisa membantu penduduk desa sekaligus membantu perekonomian Anda dengan cara membuka usaha jualan pakaian di rumah. Untuk memulai usaha jenis ini, Anda harus mencari distributor pakaian supaya bisa berjualan dengan lancar.

8. Dropshipper

Jika ingin menjual namun belum memiliki modal usaha. Anda bisa mencoba menjadi Dropshipper. Anda hanya perlu menjalin kerjasama dengan pemilik usaha yang mempunyai produk jualan, kemudian memasarkan produk mereka.

Jika berhasil mendapatkan pelanggan, nantinya Anda akan mendapatkan bayaran, karena sudah memasarkan produk jualan tersebut. Anda bisa tinggal dirumah dan mempromosikan dagangan melalui media sosial maupun tetangga yang tertarik membeli produk yang Anda pasarkan.

9. Usaha Sampingan Membuat Kerajinan Tangan

Pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang adalah membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Anda bisa menghasilkan uang dari hobi ini, dengan cara membuat kerajinan tangan yang dibutuhkan banyak orang seperti kerajinan tangan tempat pulpen, pot bunga, asbak, lampu hias dan sebagainya.

Anda tidak perlu mengeluarkan modal banyak, karena bisa membuat kerajinan tangan dari barang bekas seperti botol plastik yang bisa dibuat jadi pot bunga dan tempat pulpen yang bernilai tinggi.

10. Usaha Sampingan Menjahit Pakaian

Kebutuhan pakaian cukup penting dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Terkadang ada beberapa orang sering mencari usaha jahit pakaian untuk memperkecil pakain yang mereka kenakan.

Anda bisa mengambil peluang usaha ini sebagai usaha rumahan jahit pakaian. Penduduk desa sangat senang jika ada usaha jenis ini, karena bisa membantu mereka jika ada pakaian yang mereka punya mengalami kerusakan dan ingin memperkecil pakaiannya.

11. Usaha Sampingan Laundry Rumahan

Usaha laundry rumahan sangat cocok juga bilah ingin mencobanya di desa. Semua orang sangat menyukai pakaian jika bersih dan harum. Terkadang penduduk desa tidak mempunyai waktu mencuci pakaian, karena sibuk bekerja di sawah maupun di kantor desa.

Dengan membuka usaha laundry di rumah, mereka akan lebih mudah membersihkan pakaiannya dan tentu Anda bisa mendapatkan keuntungan yang memuaskan.

Baca juga: Cara Membuka Usaha Laundry Rumahan Supaya Laris

12. Usaha Sampingan Jualan Sembako

Sembako sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat, sangat jarang ditemukan usaha jualan sembako di pedesaan, sehingga penduduk desa harus ke kota untuk membeli kebutuhan sembako.

Dengan membuka usaha sembako di rumah, Anda bisa mendapatkan pelanggan setiap hari, karena sembako dibutuhkan setiap hari seperti beras, minyak kelapa, telur ayam, bawang merah dan bawang putih.

Anda bisa memakai teras rumah untuk berjualan sembako, supaya warga dapat melihat jualan Anda. Untuk memulai usaha sembako, Anda harus paham kebutuhan warga di desa dan pilihlah sembako berkualitas yang layak dijual. Jangan lupa berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan supaya mereka nyaman berbelanja.

13. Usaha Sampingan Catering  Rumahan

Usaha catering rumahan bisa menjadi usaha yang menghasilkan banyak uang, biasanya orang memesan catering  untuk keperluan pesta seperti acara pernikahan, ulang tahun dan kegiatan jenis lainnya.

Anda bisa memanfaatkan peralatan dapur untuk membuat makanan yang akan di pasarkan ke penduduk desa. Dengan begitu, Anda tidak perlu menyediakan modal banyak.

Untuk memulai usaha catering  rumahan sebaiknya carilah pemasok bahan baku makanan, supaya bisa menyediakan keperluan bahan baku untuk membuat makanan.

14. Usaha Sampingan Bertani

Jika memiliki lahan cukup luas, Anda bisa memakainya untuk bertani. Anda bisa menentukan jenis tanaman apa yang bisa Anda tanam, misalnya sayur, lombok, tomat dan buah-buahan seperti pisang.


Hasil panen nantinya bisa Anda jual di pasar sehingga bisa mendapatkan keuntungan besar. Banyak orang membutuhkan sayur maupun buah-buahan untuk di konsumsi setiap hari, sehingga usaha bertani bisa menjadi usaha yang cukup menjanjikan kedepannya.

15. Usaha Sampingan jualan Es Batu dan Es Lilin

Jangan salah dengan usaha jenis ini, meskipun terlihat biasa. Namun usaha jualan es batu dan es lilin memiliki konsumen cukup besar. Seperti yang kita ketahui bahwa es batu sering dicari oleh pemilik rumah makan untuk menyediakan minuman es dan anak-anak sekolah maupun orang dewasa sering membeli es lilin sebagai cemilan sehari-hari.

Dengan banyaknya konsumen, Anda bisa membuka usaha jualan es batu dan es lilin di rumah. Modal yang disediakan sangatlah kecil, Anda cukup membeli pembungkus plastik dan minuman sachet untuk bisa menjalankan usaha ini.

16. Usaha Hampers

Usaha hampers merupakan bisnis membuat bingkisan yang sering dibeli banyak orang untuk kado ulang tahun, acara pernikahan, hari kelahiran anak dan kado jenis lainnya. Anda bisa memulai usaha hampers di rumah sambil mengurus pekerjaan rumah tangga.

17. Usaha Fotokopi

Usaha jenis ini sangatlah mudah, Anda cukup membeli mesin fotokopi dan berbagai macam kertas dengan ukuran berbeda. Meskipun tinggal di desa, namun kebutuhan fotokopi sangat penting, karena orang yang ingin mengurus berkas di kantor desa sering mencari usaha fotokopi. Anda bisa mendapatkan keuntungan setiap hari dari usaha fotokopi

18. Usaha Sampingan Les Privat

Anda yang mahir di bidang tertentu seperti Matematika dan Bahasa Inggris, sebaiknya mencoba usaha les privat. Anda bisa mengajar anak-anak di desa supaya bisa menjadi anak yang pintar.

Usaha jenis ini dapat mengisi waktu luang sehingga bisa menambah perekonomian keluarga Anda.

19. Usaha Sampingan Jualan Pulsa

Menjual pulsa di rumah sangatlah mudah dan tidak membutuhkan peralatan khusus. Anda bisa menjadikan jualan pulsa sebagai pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang.

Anda tinggal memakai handpone untuk mengirim pulsa ke konsumen. Modal yang dibutuhkan tidak mencapai 1 juta. Untuk memulai usaha ini, carilah agen pulsa terpercaya yang bisa mengirimkan pulsa dengan cepat sehingga tidak membuat konsumen menunggu lama.

20. Usaha Sampingan Make Up

Menjadi penata rias dapat Anda mulai di rumah. Mahir membuat make up yang cantik dan disukai banyak orang, bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang. Dengan kepercayaan dari mereka yang menyukai make up yang Anda buat, maka usaha ini cukup menjanjikan dan akan dibutuhkan warga desa.

Penutup

Demikianlah artikel yang membahas mengenai usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa di lakukan di desa. Silakan pilih jenis usaha yang cocok untuk Anda, kemudian mulailah menciptakan usaha di rumah.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa Yang Menghasilkan Uang Banyak"