Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modal Kecil Usaha Sampingan Karyawan Sibuk

Daftar Isi [Tampil]

 

Modal Kecil Usaha Sampingan Karyawan Sibuk

Usaha sampingan karyawan sibuk terdiri dari berbagai macam jenis ide usaha. Mulai dari usaha kuliner, online shop dan layanan jasa yang semua kegiatan tersebut dapat dilakukan pada saat sambil bekerja dan setelah selesai bekerja.

Terkadang gaji seorang karyawan sangatlah kecil, misalnya karyawan pabrik yang hanya digaji sekitar 1- 2 juta. Dengan penghasilan tersebut tentu tidak cukup dalam membiayai kehidupan kita sehari-hari.


Maka dari itu. Saya telah membuat artikel khusus yang membahas mengenai usaha sampingan bagi karyawan yang sibuk, dengan adanya artikel ini. Saya harap dapat memberikan ide usaha yang dapat Anda mulai sambil bekerja dan sesudah bekerja dengan cara mengatur waktu dengan baik.

10 Usaha Sampingan Karyawan Sibuk

Ide usaha yang akan saya berikan kepada Anda terdiri dari usaha online dan offline. Seperti yang sudah Anda tahu, saat ini ada banyak bisnis online yang cukup menjanjikan dan bisa dimulai dari modal kecil. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

1. Content Writer

Content Writer

Usaha sampingan karyawan sibuk yang pertama adalah Content Writer. Memiliki tugas menjadi penulis dan membuat artikel menarik pada sebuah website. Ada banyak pemilik website yang membutuhkan orang yang mahir menulis.

Gaji content writer di Indonesia sekitar Rp4.2 juta. Untuk memulai usaha sampingan ini sebaiknya perbannyak membaca dan menulis. Content writer termasuk usaha online yang dapat dimulai dari modal kecil. Anda hanya perlu memakai laptop dan jaringan internet untuk memulai usaha Content Writer.

2. Usaha MLM (Multi Level Marketing)

MLM (Multi Level Marketing)

Anda pasti sering mendengar istilah MLM. Usaha jenis ini tidak bisa di anggap remeh karena sudah sering anak muda jaman sekarang memulai usaha ini dan bisa meraup untuk memuaskan. Sebagai contoh penjualan Tupperware secara online. Produk tersebut sangat laris terjual dan kebanyakan yang menjualnya berasal dari usaha MLM.

Usaha MLM adalah suatu strategi pemasaran yang saling terhubung. Dikarenakan penjual akan mendapatkan bayaran dari produk yang mereka jual dan juga mendapatkan keuntungan dari orang yang mereka undang.


Semakin banyak yang Anda undang maka keuntungan yang didapat sangat besar. Untuk modal yang dibutuhkan terbilang kecil yaitu Rp2 juta. Sebagai karyawan yang memiliki waktu jam kerja yang padat tidak perlu khawatir karena bisnis MLM bisa dilakukan secara online menggunakan smartphone.

Anda bisa menjual dan menawarkan barang kepada pembeli dengan mudah dan tidak akan mengganggu pekerjaan Anda. Caranya adalah dengan berjualan di media sosial.

3. Reseller Pakaian

Reseller Pakaian

Untuk memulai usaha reseller, Anda harus mengeluarkan modal untuk membeli pakaian dari supplier. Dalam menjalani usaha reseller, pilihlah produk yang akan dijual seperti pakaian yang memiliki harga yang mudah dijangkau oleh konsumen.

Pakaian sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi manusia, sehingga memulai usaha reseller pakaian nantinya akan ramai pembeli. Anda dapat menawarkan pakaian yang dijual melalui toko Marketplace dan media sosial.

Sebagai karyawan yang cukup sibuk. Anda harus pandai mengatur waktu pada saat menjadi reseller pakaian, agar tidak mengganggu waktu kerja, sebaiknya promosikan jualan pada saat hari libur dan pada saat selesai bekerja.

4. Jualan Minuman Kemasan Cup

Menjalankan usaha minuman kemasan cup dari modal kecil bukanlah hal yang mustahil. Apa lagi saat ini trend jualan minuman telah merambah ke masyarakat. Sering ditemukan dilokasi keramaian selalunya ada stand minuman yang banyak pembeli.

Bahkan mahasiswa yang merupakan anak muda yang menempuh pendidikan masih sempat berjualan minuman. Jadi Anda sebagai karyawan tidak boleh kalah dari mereka yang masih muda.

Tentukan terlebih dahulu jenis minuman yang akan dijual kemudian lokasi berjualan harus strategis supaya dapat menjangkau banyak konsumen.

5. Jualan Akseoris HP

Aksesoris hp saat ini bukan hanya digunakan untuk mempercantik tampilan Smartphone. Terkadang beberapa orang sangat membutuhkan aksesoris hp sebagai perlengkapan kerja. Misalnya seorang youtuber dan selebgram yang membutuhkan aksesoris hp berupa tripod untuk mempermudah pengambilan video.

Maka tidak heran jika jualan aksesoris hp cukup ramai pembeli. Berjualan secara online merupakan salah satu cara untuk memulai usaha jenis ini karena tidak mungkin Anda berjualan pada saat bekerja.

Baca juga: Kerja Sampingan Untuk Karyawan Shift Modal Kecil

6. Usaha Jualan Sayur dan Buah

Jualan Sayur dan Buah

Usaha sampingan untuk karyawan yang sibuk dengan menjadi supplier buah dan sayur. Ide usaha ini bisa dilakukan bagi mereka yang memiliki kebun sebagai tempat menanam berbagai jenis sayur dan buah yang nantinya akan dijual.

Bisa menjualnya di pasar pada saat hari libur merupakan cara usaha sampingan bagi karyawan yang cukup sibuk.

7. Bisnis Penerjemah Online

Ketika memiliki waktu yang padat membuat kita berusaha mencari usaha rumahan yang dapat dikerjakan setelah pulang kerja. Penerjemah online merupakan usaha sampingan di rumah tanpa modal yang cocok untuk karyawan sibuk. 

Mencoba usaha penerjemah online bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang merupakan karyawan sibuk.

Pekerjaan ini tidak terlalu berat karena Anda hanya perlu menerjemahkan dokumen dan berkas bahasa asing ke bahasa Indonesia. Tentu saja syarat utama dalam memulai usaha ini adalah mahir menguasai minimal satu bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang dan China.

8. Usaha Sampingan Menjadi Guru Les

Bagi Anda yang memiliki keahlian dibidang tertentu seperti matematika, bahasa inggris dan ilmu komputer. Tidak ada salahnya jika membuka usaha sampingan menjadi guru les.

Anda bisa mengatur jadwal mengajar sesuai dengan hari libur atau bisa juga memberikan jadwal les pada saat pulang kerja. Dengan pandai mengatur waktu, maka usaha sampingan ini bisa dilakukan.


Agar bisa mendapatkan klien. Silakan perbanyak mempromosikan jasa Anda melalui jejaring sosial. Cara lainnya adalah menjalin kerjasama dengan mitra guru yang sudah terkenal seperti Ruang Guru dan Kelas Kita.

9. Jualan Souvenir

Setiap kegiatan tentunya membutuhkan souvenir yang akan diberikan kepada tamu yang datang. Baik acara pernikahan, ulang tahun dan hari raya terkadang membutuhkan souvenir.

Anda dapat berjualan souvenir yang merupakan barang yang cukup laris di pasaran. Tawarkan barang souvenir kepada teman kerja, siapa tau ada dari mereka yang tertarik membelinya dan memesannya dalam jumlah banyak.

10. Usaha Sampingan Jualan Stiker

Anda yang mahir mendesain dan menguasai aplikasi Photoshop dan CorelDraw, mungkin bisa mencoba usaha sampingan berjualan stiker. Anak-anak maupun orang dewasa sangat senang mengoleksi stiker yang bisa dipasang di Smartphone dan Laptop.

Anda hanya perlu mengeluarkan modal kecil untuk menjalankan usaha ini. Modal 300 ribu sudah bisa membeli kertas stiker dan mencetaknya. Jual stiker kepada teman kerja dan kerabat supaya bisa mendapatkan penghasilan.

Penutup

Bekerja sebagai karyawan dan terkadang mendapatkan jam kerja yang padat, tentu tidak akan mengganggu Anda dalam menjalankan usaha. Siapkan modal dan pelajari cara memulai usaha merupakan langkah awal seorang pengusaha sukses.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Modal Kecil Usaha Sampingan Karyawan Sibuk"