Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Usaha Sampingan Karyawan Swasta

Daftar Isi [Tampil]

 

15 Usaha Sampingan Karyawan Swasta

Karyawan swasta merupakan orang yang bekerja di lembaga non pemerintah yang memiliki perjanjian kontrak yang sudah disepakati bersama. Penghasilan yang Anda dapatkan terkadang sangat kecil sehingga Anda harus mahir mencari usaha sampingan karyawan swasta yang bisa dimulai tanpa mengganggu aktivitas pekerjaan Anda.


Dengan memiliki usaha sampingan maka Anda dapat menambah penghasilan sehingga mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ada banyak peluang usaha yang bisa dimulai, seperti bisnis online maupun usaha dibidang pelayanan jasa.

Artikel kali ini akan memberikan 12 peluang usaha sampingan karyawan swasta yang bisa dimulai dari modal kecil. Untuk lebih jelasnya silakan simak ide bisnisnya sebagai berikut.

1. Dropship

Dropship

Usaha sampingan karyawan swasta yang pertama adalah menjadi Dropship. Usaha jenis ini terbilang mudah, Anda hanya perlu bekerjasama dengan pemilik barang kemudian menjual barang milik orang lain tanpa harus membelinya. Untuk cara pemasarannya bisa melalui media sosial.

Cukup menggunakan Smartphone dan jaringan internet maka Anda sudah bisa menjalani usaha dropship. Sebagai karyawan swasta, usaha dropship tidak akan mengganggu pekerjaan Anda, karena bisa dilakukan pada saat pulang bekerja atau pada saat memiliki waktu senggang.

Berikut jenis dropship yang paling sering dicari:

  • Kosmetik
  • Pakaian
  • Sepatu
  • Produk bayi
  • Aksesoris Smartphone

2. Freelance Desain Grafis

Freelance Desain Grafis

Bagi Anda yang mahir mendesain seperti membuat desain brosur, spanduk, pamflet dan sebagainya. Maka usaha sampingan yang cocok untuk Anda adalah Freelance Desain Grafis.

Sesuai dengan namanya, Anda hanya perlu menjadi pekerja lepas yang melayani kebutuhan konsumen mengenai jenis desain yang mereka pesan. Memakai laptop dan jaringan internet merupakan perlengkapan yang wajib dimiliki untuk bisa membuka usaha jenis ini.


Promosikan jasa Anda melalui media sosial agar bisa mendapatkan konsumen yang cukup banyak. Untuk pengerjaannya bisa dilakukan setelah selesai bekerja. Sambil menunggu konsumen, Anda juga bisa menjual karya desain melalui situs marketplace seperti Sribu, SribuLancer, Projects, Fastwork dan Fiverr

3. Jualan Hampers

Jualan Hampers

Hampers saat ini telah menjadi trend anak muda jaman sekarang, biasanya produk hampers sering laris terjual pada saat hari raya saja, namun saat ini kebutuhan hampers sering dibeli sebagai kado perayaan lainnya seperti acara ulang tahun, pernikahan, aqikah dan acara lainnya.

Anda bisa mengambil peluang usaha ini dengan menyediakan berbagai jenis kado yang bisa dijual. Untuk memulai usaha ini sebaiknya pelajari cara membungkus kado agar terlihat menarik dan rapi.

Selain itu. Pembuatan hampers bisa dilakukan pada saat hari libur maupun setelah selesai bekerja, dengan pandai mengatur waktu maka seorang karyawan swasta sudah bisa menjalani usaha ini.

4. Budidaya Ikan Cupang

Melakukan budidaya ikan hias saat ini sudah menjadi usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Banyak orang menyukai ikan hias karena memiliki bentuk ikan yang indah dilihat dan harga jualnya mudah dijangkau.

Misalnya ikan cupang yang termasuk ikan hias yang nilai jualnya sangat murah sekitar Rp50 ribu hingga Rp300 ribu.  Anda tidak perlu repot-repot membuat kolam, cukup sediakan akuarium sebagai tempat budidaya ikan hias. Untuk cara merawatnya bisa dilakukan sebelum dan sesudah pulang bekerja.

Berikut jenis ikan cupang yang bisa dibudidaya dari modal kecil:

  • Cupang Halfmoon
  • Cupang sarawak
  • Cupang double tail
  • Cupang paradise
  • Cupang slayer

5. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing

Afiliate marketing adalah jenis bisnis yang memiliki tugas untuk membantu memasarkan produk dan jasa dari perusahaan tertentu. Anda akan menerima bayaran berupa komisi jika berhasil membantu memasarkan produk maupun jasa yang dimiliki oleh perusahaan yang menjalin kerjasama dengan Anda.

Cara menjadi Affiliate Marketing dimulai dari mendaftar afiliasi dari perusahaan yang dipilih kemudian mempromosikan produk yang akan dijual dengan menggunakan akun bisnis media sosial maupun situs website yang Anda punya.

6. Jasa Agen Asuransi

Jasa Agen Asuransi

Agen asuransi merupakan usaha yang bergerak dibidang asuransi yang bertugas untuk memasarkan produk dari perusahaan asuransi. Jika ingin menjadi agen asuransi silakan memilih perusahaan asuransi terbaik lalu mengikuti pelatihan mengenai asuransi yang dipilih, misalnya asuransi jiwa dan asuransi umum.

7. Usaha Laundry Rumahan

Usaha Laundry Rumahan

Salah satu usaha sampingan yang bisa dikerjakan di rumah yaitu laundry rumahan. Banyaknya orang yang membutuhkan pakaian bersih dan tidak sempat mencucinya dikarenakan sibuk bekerja, sehingga membuat usaha laundry sering kedatangan pelanggan.

Anda dapat membuka usaha laundy di rumah dengan membeli 2 unit mesin cuci dan beberapa perlengkapan laundry lainnya. 

Anda dapat menjalani usaha sampingan ini pada saat hari libur atau jika memiliki anggota keluarga di rumah, silakan Anda minta bantuan ke mereka untuk mengelola usaha laundry pada saat Anda bekerja.

Dengan menerapkan cara tersebut maka pekerjaan Anda sebagai karyawan swasta tetap berjalan dengan baik.

Baca juga: Usaha Sampingan Karyawan Kantoran

8. Usaha Sewa Mainan Anak

Usaha Sewa Mainan Anak

Usaha sewa mainan anak sudah mulai banyak peminatnya, orang tua yang terkadang belum memiliki biaya membeli mainan mengharuskan mereka mencari jasa sewa mainan untuk sang buah hati.

Mainan bukan hanya digunakan sebagai sarana kebahagiaan oleh anak namun dapat juga meningkatkan pola pikir anak supaya bisa berpikir dengan baik. Misalnya mainan anak edukatif yang dapat melatih dan merangsang perkembangan anak, hal ini lah yang membuat usaha sewa mainan anak menjadi usaha yang menjanjikan.

9. Makelar Properti

Makelar Properti

Makelar properti merupakan pekerjaan sampingan karyawan swasta yang bisa Anda coba. Makelar properti memiliki tugas untuk membantu investor dan penjual supaya bisa melakukan jual beli properti dengan lancar. Anda bisa memperkenalkan barang properti kepada pelanggan agar mereka mau membeli atau menyewa properti tersebut. 

Jika lingkungan sekitar Anda memiliki perumahan baru, maka Anda dapat menawarkan jasa Anda sebagai makelar properti untuk membantu pemilik perumahan supaya bisa mendapatkan pembeli.

Untuk menjadi makelar properti, Anda hanya perlu memberikan kepercayaan kepada pemilik perumahan tersebut. Jangan lupa pelajari strategi pemasaran agar lebih paham cara memasarkan produk. 

Anda bisa memperkenalkan properti yang dijual kepada keluarga maupun teman kerja, barang kali ada di antara mereka yang sedang mencari perumahan.

10. Jasa Pengetikan

Anda sebagai pegawai swasta pastinya mahir menggunakan komputer, setidaknya bisa mengetik. Jasa pengetikan bisa menjadi rekomendasi usaha sampingan untuk Anda yang mahir mengetik.

Biasanya siswa dan mahasiswa kesulitan dan terkadang malas mengerjakan tugas yang harus diketik, sehingga pekerjaan sampingan ini sering dicari oleh mereka. Untuk tarif jasa ini silakan sesuaikan dengan jumlah halaman yang dikerjakan, misalnya satu halaman anda berikan tarif sekitar Rp2 – 3 ribu per lembar.

11. Bisnis Barang Preloved

Bisnis Barang Preloved

Jika memiliki barang bekas yang masih layak pakai namun sudah jarang digunakan, sebaiknya Anda mencoba bisnis barang Preloved. Bisnis jenis ini ternyata sedang naik daun saat ini dan memiliki peminat sangat banyak yang berasal dari kalangan anak muda.

Biasanya barang yang dijual memiliki merk brand terkenal dan biasa dibeli secara import dari luar negeri. Adapun jenis barang yang dijual antara lain pakaian, topi, sepatu, tas dan sebagainya. 

Jika tertarik, Anda dapat menawarkan bisnis preloved kepada teman karyawan Anda atau menjualnya di situs marketplace dan media sosial seperti Facebook dan Instagram.

12. Jualan Minuman Boba

Minuman boba saat ini mulai menjadi minuman paling laris di masyarakat. Apa lagi saat ini waralaba minuman boba semakin bertambah, sehingga bisnis minuman satu ini bisa menjadi usaha sampingan yang bisa mendatangkan keuntungan yang memuaskan.


Jika ingin berjualan minuman sebaiknya pelajari cara membuat minuman boba dan sediakan gerobak jualan. Biasanya anak muda sangat hobi nongkrong pada saat malam hari, ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk berjualan pada saat malam hari sehingga jadwal kerja Anda sebagai karyawan swasta tidak terganggu.

13. PPOB Online

Payment Point Online Bank atau biasa disingkat PPOB merupakan bisnis membayar tagihan secara online. Kebutuhan pulsa elektrik dan token listrik yang setiap hari dibutuhkan masyarakat membuat bisnis PPOB online cukup menjanjikan.

Anda dapat memberikan layanan pembayaran online bagi masyarakat dengan cara mengirimkan pulsa elektrik secara online dimanapun dan kapanpun sehingga usaha sampingan ini akan berjalan lancar dan tidak mengganggu aktivitas Anda sebagai pegawai swasta.

14. Frozen Food

Bisnis frozen food menjadi usaha kuliner dengan peluang yang menguntungkan. makanan beku merupakan kuliner siap saji yang sudah dibekukan supaya bisa bertahan lama.

Anda bisa membuat makanan beku kemudian menitipkannya di supermarket dan juga memasarkannya secara online melalui media sosial. Tawarkan juga kepada teman kerja Anda, siapa tau ada dari mereka yang hobi mengkonsumsi frozen food.

15. Menjual Snack Secara Online

Pasti Anda dan teman kerja sering mengkonsumsi snack saat bekerja maupun pada saat bersantai. Jualan snack laris pembeli karena snack merupakan cemilan yang cocok dijadikan makanan penunda lapar, sambil menunggu jadwal makan siang, snack dapat membantu menghilangkan rasa lapar seseorang.

Anda dapat menjual snack secara online maupun menitipkan jualan ke warung milik orang lain dengan memberikan komisi bagi pemilik warung jika berhasil menjualnya. Bahkan artis papan atas sudah mulai mencoba usaha jualan scack, sebut saja istri Ruben Onsu yaitu Sarwendah yang mulai bisnis jualan kerupuk.

Penutup

Demikianlah artikel yang membahas mengenai usaha sampingan bagi karyawan swasta. Dari 12 jenis usaha tersebut semoga ada yang cocok untuk bisa Anda jalani, menjadi karyawan swasta terkadang memiliki jadwal kerja yang sibuk namun itu tidak akan menghambat Anda dalam menciptakan peluang usaha.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "15 Usaha Sampingan Karyawan Swasta"