Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Sampingan Untuk Karyawan Kantoran

Daftar Isi [Tampil]

 

Usaha Sampingan Untuk Karyawan Kantoran

Sebagai karyawan pastinya sedang mencari usaha sampingan karyawan kantoran yang bisa dilakukan setelah pulang bekerja. Memiliki gaji yang kurang memuaskan dan belum bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari merupakan alasan utama Anda harus mencari usaha sampingan.

Saat ini kita telah dimanjakan dengan berkembangnya teknologi. Bekerjapun sudah lebih mudah, Anda bisa memulai usaha sampingan dengan memanfaatkan teknologi, misalnya media sosial sebagai tempat berjualan.


Memiliki pekerjaan sebagai karyawan kantor terkadang memiliki waktu yang cukup sibuk, sehingga membuat Anda merasa bingung mencari ide usaha. Artikel yang akan saya bahas nantinya merangkum beberapa ide usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang bisa dijalankan tanpa perlu khawatir mengenai pekerjaan.

15 Usaha Sampingan Untuk Karyawan Kantoran

Usaha sampingan untuk karyawan kantoran bisa dimulai secara online maupun offline. Anda bisa mengatur waktu agar bisa menyesuaikan usaha sampingan Anda nantinya. Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasan dibawah ini.

1. Usaha Warung Kopi

Usaha Warung Kopi

Warung kopi sudah menjadi tempat nongkrongan anak muda dan orang tua. Sebagai seorang karyawan kantoran, usaha jenis ini dapat dilakukan dengan cara membuat warkop sederhana di halaman depan rumah.

Biasanya warung kopi akan lebih ramai pada saat malam hari, Anda bisa berjualan setelah pulang bekerja. Jika lokasi rumah tidak ramai, silakan dirikan warkop yang dekat dari lokasi keramaian seperti dekat dari kampus dan perkantoran.

2. Jualan Pulsa dan Paket Data

Pengguna smartphone yang semakin hari bertambah membuat Kebutuhan pulsa dan paket data semakin meningkat. Anda bisa memulai usaha sampingan jualan pulsa dan paket data dengan cara menjalin kerjasama dengan distributor pulsa yang sudah dipercaya.

Untuk cara jualannya sangat mudah. Tawarkan pulsa dan paket data kepada teman kantor Anda, selain itu gunakan media sosial seperti Whatsapp sebagai tempat berjualan.

Tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak. Sediakan saja deposit pulsa sekitar Rp500 ribu sebagai permulaan. Jika ramai pembeli, silakan tambah jumlah deposit agar bisa menjangkau banyak konsumen.

3. Jual Foto Secara Online

Jual Foto Secara Online

Memiliki hobi fotografi? Hasil jepretan Anda dapat dijual secara online loh. Ada banyak situs yang siap menerima hasil karya Anda. Dengan adanya situs tersebut, maka Anda dapat berpeluang menghasilkan uang dengan menjual foto di internet.

Banyak orang membutuhkan stok foto yang menarik yang dipakai untuk kebutuhan website, majalah, iklan dan lainnya. Jika tertarik, silakan buat akun dan upload foto melalui situs Shutterstock, Adobe Stock, Dreamstime, FreeDigitalPhotos.net dan iStockphoto.com.

4. Jasa Agen Asuransi

Jasa Agen Asuransi

Usaha sampingan karyawan kantoran selanjutnya adalah jasa agen asuransi. Usaha jenis ini dapat dikerjakan pada saat waktu senggang. Beberapa jenis asuransi yang bisa dicoba yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi mobil.

Cara kerja agen asuransi yaitu menyampaikan informasi yang jelas dan benar kepada masyarakat. Menjadi agen asuransi masih menjadi usaha yang cukup menjanjikan, selain itu. Profesi ini sangat mulia sebab para agen akan membantu masyarakat dalam mempersiapkan strategi keuangan di masa depan.

5. Jualan Nasi Bungkus

Jualan Nasi Bungkus

Nasi bungkus masih menjadi usaha kuliner yang cukup menjanjikan, makanan yang sering dibeli untuk dijadikan sarapan ini dapat Anda tawarkan kepada teman kantor Anda, selain itu. Cara lainnya adalah melakukan kerjasama dengan pemilik warung agar bisa menitipkan nasi bungkus yang dijual.

Dengan memakai cara tersebut, Anda bisa berjualan nasi bungkus di warung tanpa perlu berjualan karena telah menitipkannya kepada pemilik warung yang nantinya jika jualan habis, Anda dapat memberikan upah karena telah berhasil menjual dagangan Anda.

6. Hampers

Hampers

Bisnis hampers adalah salah satu usaha sampingan yang bisa dikerjakan dirumah. Konsumen yang didapat terkadang berasal dari kegiatan acara ulang tahun, pernikahan dan hari raya.

Untuk memulai usaha ini Anda harus mahir membungkus kado dengan rapi dan baik. Desain kado sangat menentukan banyaknya konsumen yang akan membeli produk Anda. Untuk permulaan silakan lakukan strategi pemasaran kepada orang terdekat seperti teman kerja dan anggota keluarga.

Baca juga: Modal Kecil Usaha Sampingan Karyawan Sibuk

7. Channel Podcast

Podcast merupakan sebuah rekaman yang dibuat untuk menghibur banyak orang, bisa dalam bentuk audio dan video. Trend podcast saat ini semakin meningkat dan beberapa orang memanfaatkan hiburan ini sebagai tempat mencari keuntungan.

Mengenai modal yang diperlukan cukup kecil. Anda hanya perlu menyiapkan laptop, mic dan jaringan internet jika ingin memulai usaha sampingan ini.

8. Usaha Toko Online

Saat ini sudah sering masyarakat melakukan belanja online. Dengan membuat toko online maka Anda tidak perlu lagi mengeluarkan modal besar untuk membangun ruko atau kios.


Sebagai seorang pegawai kantor, usaha sampingan jenis ini sangat cocok untuk Anda. Barang yang dijual dapat disimpan di rumah dan dijual secara online melalui toko marketplace dan media sosial. Dengan begitu, pekerjaan utama Anda sebagai karyawan kantoran tidak akan terganggu.

Produk yang dijual bisa terdiri dari aksesoris hp, jualan hijab, perlengkapan rumah tangga dan berbagai jenis pakaian.

9. Usaha Sampingan Cuci Motor

Sebagai karyawan kantoran yang bekerja dengan didampingi AC dan peralatan yang memadai, namun gaji yang diberikan masih belum mencukupi kebutuhan sehari-hari. Anda dapat menambah pendapatan dengan memulai usaha sampingan cuci motor.

Kenapa karyawan kantor harus mencuci motor? Buang pemikiran seperti itu, perlu Anda ketahui bahwa motor saat ini telah menjadi kendaraan pribadi paling banyak di Indonesia. Dengan mendirikan usaha cuci motor, maka tidak mungkin keuntungan yang didapat cukup besar.

Bisnis ini dapat dimulai pada hari libur, pergantian jam kerja dan pada saat pulang kerja. Dengan banyaknya waktu yang bisa digunakan, Anda masih bisa memulai usaha cuci motor.

10. Jualan Kue Pukis

Kue Pukis

Kue sering dijadikan makanan penunda lapar dan terkadang sering dimakan pada saat bersantai dan bekerja. Salah satu jenis kue yang laris adalah kue pukis. Memiliki harga murah dan rasa yang enak membuat masyarakat sering membelinya.

Untuk menjual kue pukis bisa dilakukan pada saat hari libur maupun menitipkannya kepada pemilik warung yang telah melakukan kerjasama dengan Anda.

11. Jualan Hijab

Usaha sampingan pegawai kantoran berikutnya yaitu jualan hijab. Penggunaan hijab di Indonesia sangat besar karena mayoritas penduduknya merupakan orang Muslim. Memakai hijab akhir-akhir ini bukan hanya sebagai penutup aurat melainkan ada juga yang memakainya sebagai salah satu trend fashion.

Dengan banyaknya wanita yang memakainya, maka jualan tentu akan laris pembeli asalkan Anda pandai menentukan harga dan memahami strategi pemasaran.

Anda dapat menawarkan jualan hijab kepada teman kantor maupun menjualnya secara online dengan membuat akun bisnis media sosial. Menerapkan kedua cara ini dapat membuat Anda bisa memulai usaha sampingan jualan hijab tanpa perlu mengkhawatirkan pekerjaan Anda sebagai karyawan kantor.

12. Jualan Pakaian Pria & Wanita

Pakaian Pria & Wanita

Salah satu usaha online shop yang saat ini laris pembeli adalah jualan pakaian pria dan wanita. Memiliki prospek yang menjanjikan membuat Anda harus mencoba usaha sampingan berjualan pakaian. Anda hanya perlu menyediakan produk pakaian yang harganya mudah dijangkau agar bisa menarik banyak konsumen.

Untuk memulai usaha ini, tentukan terlebih dahulu serba-serbi jenis pakaian dan bahannya. Lalu mencari supplier pakaian. Jika belum memiliki biaya membangun toko dan tidak sempat berjualan di pasar. Anda hanya perlu mempromosikan pakaian di situs marketplace dan media sosial.

13. Jualan Ebook

Ebook dapat menjadi usaha sampingan dibidang digital yang menguntungkan. Ada banyak mahasiswa maupun dosen yang sangat membutuhkan ebook sebagai bahan penelitian. Untuk memulai jualan Ebook, Anda harus mahir menulis buku yang bermanfaat bagi pembaca dan bisa membuat desain buku yang terlihat menarik.

Jika ingin menjual ebook, Anda bisa mengunjungi situs Amazon Kindle, Razorpay, Gumroad, E-junkie, SendOwl dan masih banyak lagi. 

14. Kursus Online

Bisnis digital tidak hanya untuk berjualan produk, namun kita juga bisa membuka usaha layanan jasa. Seperti kursus online, caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengajar menggunakan keahlian yang Anda punya seperti mahir dibidang bahasa inggris dan matematika.


Lakukan pemasaran secara digital agar bisa menjangkau banyak siswa dan mahasiswa yang membutuhkan pelajaran tambahan.

15. Admin Media Sosial

Admin Media Sosial

Usaha sampingan karyawan kantoran yang terakhir adalah menjadi Admin media sosial. Tugas dari admin media sosial adalah meningkatkan produk suatu perusahaan maupun pemilik toko dan juga memberikan informasi menarik yang dapat membuat masyarakat tertarik mengenai barang yang dipasarkan.

Usaha ini sangat menguntungkan karena saat ini banyak perusahaan mulai memasarkan produk mereka melalui internet. Anda bisa meluangkan waktu dengan membuat konten menarik yang akan di posting di akun bisnis yang sudah Anda kelola.

Penutup

Demikianlah artikel yang membahas mengenai usaha sampingan yang cocok untuk karyawan kantoran. Silakan mulai membangun sebuah bisnis yang dapat menambah penghasilan Anda kedepannya.

Jika sudah mendapatkan penghasilan yang memuaskan, Anda dapat menentukan pilihan apakah akan terus menjadi karyawan atau fokus mengelola bisnis yang sedang dikerjakan.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Usaha Sampingan Untuk Karyawan Kantoran"