Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Usaha Kue Kecil Kecilan Yang Menguntungkan

Daftar Isi [Tampil]

 

Cara Memulai Usaha Kue Kecil Kecilan Yang Menguntungkan

Bagi Anda yang ingin memulai usaha kue kecil kecilan sebaiknya simak pembahasan yang saya berikan, siapa tau artikel ini dapat membantu Anda untuk membuka usaha kue kecil yang dimana bisa mendapatkan keuntungan yang memuaskan.


Sudah tidak dipungkiri lagi kue telah menjadi salah satu kuliner yang paling diminati, ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang jualan kue dan sering mendapatkan pembeli yang lumayan banyak.


Masyarakat sangat menyukai kue karena sering dijadikan cemilan maupun sarapan pagi. Sehingga Anda yang ingin memulai usaha jualan kue memiliki peluang yang cukup besar dalam mendapatkan penghasilan.

Bagi Anda yang penasaran dengan cara memulai usaha satu ini, silakan simak pembahasan dibawah ini.

10 Cara Memulai Usaha Kue Kecil Kecilan

10 Cara Memulai Usaha Kue Kecil Kecilan


Kue yang dijual bisa beraneka ragam dan menjualnya juga bisa dimana saja asalkan lokasi Anda strategis. Berikut cara memulai usaha kue skala kecil yang bisa Anda pelajari:

1. Memilih Jenis Kue

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan jenis kue yang ingin dijual, ada banyak jenis kue yang bisa dijual seperti kue basah, kue kering atau bahkan Anda ingin menjual keduanya.

Untuk menentukan jenis kue yang ingin dijual, Anda bisa melakukan survei di pasar maupun internet mengenai kue yang lagi booming dan paling disukai. Silakan buat daftar kue yang ingin dibuat supaya Anda tidak lupa. Hal ini dilakukan agar bisa mengurangi biaya yang tidak diperlukan, jangan sampai membeli bahan-bahan pembuatan kue yang ternyata tidak memiliki banyak peminat.

2. Membuat Sendiri atau Mencari Pemasok

Bagi Anda yang ingin memulai usaha jualan kue, apakah ingin membuat sendiri atau ingin mencari pemasok kue. Jika ingin menjual kue dari hasil buatan sendiri maka Anda harus mahir memasak, jangan sampai kue yang dibuat tidak enak dan mudah basi sehingga membuat jualan tidak laku dan mengalami kerugian.


Jika berniat mencari pemasok, ada baiknya pemasok yang di dapat harus menyediakan stok kue dengan cepat dan tentu saja rasanya enak, maka dari itu rencanakan terlebih dahulu dalam menyediakan kue yang ingin dijual.

3. Menentukan Lokasi Usaha

Lokasi merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan, memilih lokasi yang strategis dapat meningkatkan pendapatan Anda, misalnya membuka usaha kue di pasar, pinggir jalan raya, di rumah atau bahkan menitipkan di warung milik orang lain.

Jika berniat memulai usaha kue kecil kecilan di rumah maka Anda harus pandai mempromosikan jualan kepada tetangga bahkan masyarakat lainnya. Setiap tempat tentu memiliki potensi yang berbeda maka dari itu silakan memilih lokasi yang menurut Anda cocok untuk berjualan kue.

4. Mempersiapkan Modal

Setelah selesai menentukan jenis kue dan lokasi. Maka selanjutnya yang Anda harus tahu ialah menyiapkan modal usaha. Siapkan biaya untuk kebutuhan bahan kue, sewa lokasi dan perlengkapan lainnya.

Jika memulai usaha kue kecil kecilan di rumah, maka biaya yang dikeluarkan terbilang sedikit karena Anda tidak perlu mengeluarkan modal sewa lokasi dan bangun kios. Cukup menjual kue di rumah dan promosikan kepada tetangga maupun melalui media sosial.

5. Menerapkan Harga Jual Kue

Untuk menentukan harga dari kue yang dijual, bisa dilihat dari modal yang dikeluarkan. Maka dari itu sangat penting mencatat biaya yang habis dipakai membeli bahan kue. Jangan sampai menerapkan harga jual terlalu murah dan lebih rendah dari biaya modal yang sudah dipakai, sehingga mengakibatkan kerugian yang tidak diketahui.

Anda bisa menyesuaikan dengan harga pasar jika merasa cukup menguntungkan. Jika jualan sudah mulai laris maka Anda dapat menaikkan harga jualan sedikit demi sedikit. Ketika pembeli sudah menyukai kue yang dibuat maka mereka tidak segan membeli meskipun harganya sudah naik.

6. Menjalin Kerjasama dengan Kompetitor

Meskipun kompetitor sering dianggap sebagai ancaman namun terkadang kita juga bisa bekerjasama dengan mereka, misalnya berbagi resep kue dan saling belajar cara membuat kue yang enak.

Bisa juga mengamati pesaing dalam memasarkan jualan kuenya, cari tahu juga jenis kue yang belum mereka sediakan namun disukai oleh pelanggan mereka. Intinya ambillah hal positif yang bisa menguntungkan bagi bisnis Anda dan hindari hal yang dapat merugikan.

Baca juga: Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan yang Menguntungkan

7. Mempersiapkan Strategi Pemasaran

Sukses dan gagalnya bisnis terkadang sering datang dari cara Anda memperkenalkan kue yang akan dijual. Anda dapat melakukan promosi dengan memberikan potongan harga jika konsumen membeli dalam jumlah banyak. 


Selain itu, Anda juga diharuskan mampu menggunakan media sosial sebagai tempat jualan yang saat ini sudah menjadi tempat para pebisnis online memasarkan produk. Meskipun usaha kue Anda terbilang kecil namun dengan rutin memasarkan jualan maka ke depannya bisnis Anda akan menjadi besar.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa kesuksesan usaha kue tergantung dari Anda dalam memasarkan jualan. Promosi ini harus rutin dilakukan, dengan memperkenalkan kue yang sudah dibuat kepada keluarga, teman dan masyarakat luas sehingga membuat kue Anda laku terjual.

8. Membuat Brand

Cara memulai usaha kue kecil kecilan berikutnya yaitu membuat brand. Meskipun memulai usaha dari skala kecil namun tidak ada salahnya membuat brand supaya kue yang dijual dapat dengan mudah dikenali oleh banyak orang. 

Dengan memberikan brand maka usaha yang Anda jalankan dapat terlihat lebih menarik dan profesional. Selain itu, pada saat melakukan promosi akan lebih mudah dilakukan apabila telah memiliki brand sendiri.

9. Mengetahui Pangsa Pasar

Kesuksesan usaha kue kecil kecilan tidak akan berkembang jika tidak memahami pangsa pasar. Jika belum mengetahui pangsa pasar dikarenakan belum memulai usaha. Maka Anda harus mengamati dan melihat pengalaman pesaing sebagai contoh dari bisnis yang akan dikelola.

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya yaitu menjalin kerjasama dengan kompetitor, dengan menerapkan cara tersebut maka Anda dapat sekaligus mengetahui pangsa pasar maupun kebutuhan lainnya. Misalnya mengetahui jenis kue yang laku terjual, bahan kue yang baik dan harga jual.

10. Pantang Menyerah

Cara yang mudah disebut namun sulit dilakukan. Bagi seorang pemula sebaiknya harus memiliki niat dan mental yang sudah matang, jangan pernah menyerah pada saat baru menjalankan usaha kue kecil kecilan.

Silakan jalani prosesnya terlebih dahulu dan mulailah menyiapkan strategis jualan supaya Anda mampu bersaing dengan kompetitor. Seperti yang sudah Anda tahu bahwa usaha jenis ini bukanlah hal baru. Maka dari itu, pelajari bisnis ini agar bisa mendapatkan keuntungan yang memuaskan.

Modal Usaha Kue Kecil Kecilan

Saat memulai usaha, tentu kita harus menyiapkan modal yang akan digunakan dalam memenuhi segala kebutuhan. Mulai dari sewa lokasi, pembelian peralatan dan biaya operasional.

Ada beberapa jenis kue yang memerlukan alat khusus seperti mixer, oven, blender dan sebagainya. Mengenai biaya sewa tempat sebenarnya tidak perlu karena Anda bisa memulai usaha kue di rumah.

Biaya Operasional

Biaya operasional merupakan modal yang dikeluarkan pada saat Anda memulai proses pembuatan kue, berikut merupakan rincian kasar dari biaya pembuatan kue dalam waktu sebulan.

  • Bahan membuat kue: Rp3000.000
  • Listrik dan air: Rp600.000
  • Gas untuk satu bulan: Rp350.000
  • Transportasi: Rp250.000
  • Kebutuhan lainnya: Rp1000.000

Dari biaya yang sudah dirangkum, maka setidaknya Anda membutuhkan biaya produksi sekitar Rp5.200.000 per bulan.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara memulai usaha kue kecil kecilan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda dalam memulai usaha skala kecil ini. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Usaha Kue Kecil Kecilan Yang Menguntungkan"