Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang dan Analisa Lengkap Usaha Jualan Mie Ayam Bakso Rumahan

Daftar Isi [Tampil]

 

Peluang dan Analisa Lengkap Usaha Jualan Mie Ayam Bakso Rumahan

Sudah banyak ditemui usaha warung makan yang menyediakan berbagai macam hidangan untuk dimakan, jika Anda belum sempat memasak dan pulang kerumah untuk makan terkadang pastinya singgah di warung untuk makan siang. Salah satu hidangan spesial dan paling diminati oleh masyarakat adalah mie ayam bakso.


Pasti Anda sudah pernah mencoba rasa mie ayam, hampir setiap hari orang mengkonsumsi makanan satu ini karena rasa yang enak dan harga yang tidak menguras dompet.


Bagi Anda yang memiliki niat berjualan mie ayam, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu peluang dan analisa lengkap usaha jualan mie ayam bakso rumahan sebagai berikut:

Peluang Usaha Mie Ayam Bakso

Peluang Usaha Mie Ayam Bakso

Untuk menentukan peluang usaha jualan mie ayam caranya yaitu menentukan lokasi berjualan dan melihat target pasar yang berada dekat dari warung mie ayam yang akan dibuat.

Sebagai contoh misalnya Anda berjualan dekat dengan lingkungan sekolah atau instansi pemerintahan maka target pasar yang akan dituju adalah sekumpulan Siswa dan pekerja kantoran karena berada dekat dari lokasi jualan kuliner mie ayam.

Jadi peluang usaha mie ayam bakso ditentukan dari orang yang datang membeli sehingga menghasilkan uang bagi usaha Anda.

Analisa Usaha Mie Ayam Bakso

Analisa usaha merupakan suatu kegiatan merencanakan dan memprediksi usaha yang akan di bangun. Cara ini sangat berguna untuk menghindari kerugian ketika menjalani suatu bisnis maupun usaha seperti usaha mie ayam bakso. Berikut analisa usaha mie ayam bakso:

Melakukan Persiapan Usaha

Mempersiapkan diri dalam membangun bisnis apapun tidak lepas dari adanya modal awal yang dipakai untuk berjualan. Siapkan modal untuk berjualan dan sesuaikan dengan jenis jualan Anda.

Misalnya ingin berjualan dengan cara membuka usaha mie ayam rumahan di rumah Anda sendiri, maka modal yang dibutuhkan digunakan untuk membeli perlengkapan masak dan sebagainya. Sedangkan jika berjualan di luar rumah tentunya membutuhkan modal untuk membangun warung makan.


Mencatat segala kebutuhan dalam berjualan seperti perlengkapan masak, gerobak, meja makan dan lainnya. Setelah selesai menganalisa kebutuhan yang dipakai maka selanjutnya mencatat harga dari setiap perlengkapan.

Mahir membuat mie ayam, membangun usaha rumah makan tentunya wajib jago masak karena jika Anda hanya mengandalkan orang untuk memasak maka tentunya akan menyediakan gaji bagi koki masak dan itu akan mengeluarkan dana lagi.

Terapkan warung yang bersih. Orang yang makan di warung tentunya ingin lingkungan disekitar tempat mereka terlihat bersih. Maka Anda wajib rajin membersihkan meja makan dan warung dari sampah agar pelanggan nyaman menyantap makanan mereka.

Mempromosikan usaha warung makan. Ingin mendapatkan pelanggan banyak tentunya wajib memperkenalkan kuliner yang dijual. Salah satu cara paling mudah dan tidak mengeluarkan dana banyak adalah dengan cara mempromosikan jualan melalui media sosial semacam Facebook, Whatsapp dan Instagram.

Sebaiknya Baca Juga:  Modal Usaha Warung Bakso dan Mie Ayam

Pelaksanaan Jualan Mie Ayam

Membuat resep mie ayam spesial. Untuk sukses dalam mendirikan usaha warung makan tentunya bisa membuat bumbu spesial atau resep khusus kuliner Anda. Sudah banyak penjual mie ayam memiliki rasa mie ayam berbeda. Sebaiknya ciptakan rasa mie ayam spesial untuk usaha Anda agar memiliki ciri khas rasa masakan agar dapat menarik pembeli dan sebagai strategis bisnis peluang usaha mie ayam

Menyediakan karyawan untuk membantu berjualan. Jika warung yang dibuat cukup besar dan banyak pembeli namun Anda hanya sendiri berjualan tentunya akan membuat Anda kelelahan dan membuat pelanggan menunggu cukup lama untuk mendapatkan pesanan karena hanya Anda yang berjualan. 

Maka dari itu carilah karyawan untuk membantu bisnis jualan mie ayam dan bisa melayani pelanggan lebih cepat agar mereka tidak lama menunggu. Namun jangan lupa juga sesuaikan dengan penghasilan Anda mengenai gaji karyawan.

Analisa Kelemahan Usaha Mie Ayam dan Cara Mengatasinya

Pentingnya mengetahui kelemahan dalam usaha yang dijalani agar bisa di atasi saat berjualan. Berikut kelemahan usaha mie ayam:

Kelemahan pertama dalam Bisnis bakso dan mie ayam yaitu lokasi kurang strategis dalam menarik pembeli. Biasanya lokasi yang jarang pembeli berada di dalam kompleks dan jauh dari lingkungan keramaian seperti perkantoran dan sekolah.

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya usahakan mencari lokasi di dekat pinggir jalan poros dan dekat dari keramaian agar masyarakat mengetahui warung makan Anda.

Rasa mie ayam tidak disukai pembeli. Sudah banyak orang berjualan mie ayam namun ada beberapa pengusaha warung makan tidak mendapatkan pembeli cukup banyak dan mengakibatkan menutup warung jualan.

Sebaiknya Baca Juga:  Keuntungan Jual Mie Ayam Bisa Mencapai Puluhan Juta

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya belajarlah buat bumbu masak mie ayam atau bakmie ayam agar membuat masyarakat tertarik untuk membeli mie ayam jualan Anda. 

Lakukan percobaan beberapa kali untuk bumbu mie ayam agar mendapatkan resep mie ayam enak seperti memberikan masakan kepada kerabat agar mencobanya kemudian meminta pendapat mereka mengenai makanan mie ayam bakso lalu lakukan perbaikan jika ada yang kurang.

Penutup

Itulah artikel yang membahas mengenai peluang usaha dan analisa lengkap jualan mie ayam, perkirakan apa saja yang dibutuhkan dalam berjualan agar Anda siap bersaing dengan pebisnis warung mie ayam lainnya. 

Silakan sering mampir ke situs ini karena saya akan membahas berbagai macam usaha bisnis yang bisa Anda pertimbangkan untuk mencoba terjun kesalahan satu bidang usaha. Sekian & Terimakasih.

Sebaiknya Baca Juga: 10 Cara Jualan Mie Ayam Agar Laris Pembeli

Posting Komentar untuk "Peluang dan Analisa Lengkap Usaha Jualan Mie Ayam Bakso Rumahan"