Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha di Daerah Pedesaan Untuk Pemula yang Sukses

Daftar Isi [Tampil]


 Meskipun tinggal di desa namun peluang usaha di daerah pedesaan masih memiliki potensi yang cukup besar, banyaknya kebutuhan dan jumlah penduduk yang cukup banyak membuat Anda harus mencoba membuka usaha.

Apalagi transportasi saat ini sudah bisa menjangkau lokasi yang terpencil. Anda dapat mengambil peluang bisnis dengan cara menjual barang maupun menyediakan layanan jasa yang dibutuhkan warga yang tinggal di desa.


Tidak perlu khawatir mengenai modal karena Anda bisa memulai usaha dari modal kecil atau seadanya, tentu saja menyesuaikan dengan barang yang dijual. Saat ini, desa sudah bukan lagi tempat terpencil yang sulit mencari uang.

Peluang Usaha di Daerah Pedesaan Untuk Pemula yang Sukses

Teknologi yang sering berkembang di Kota, kini sudah menjamur di pedesaan sehingga banyak warga desa dapat menciptakan lapangan kerja dan berbagai jenis bisnis seperti bisnis online yang saat ini sering dijalani anak muda.

12 Peluang Usaha di Daerah Pedesaan

Berikut ini saya berikan rekomendasi peluang usaha yang bisa Anda coba di pedesaan:

1. Warung Sembako

Warung Sembako

Sembako sudah menjadi kebutuhan pokok yang setiap hari dikonsumsi dan dibutuhkan masyarakat. Dengan mendirikan warung sembako di desa, maka dapat dipastikan jualan Anda bisa laris pembeli. Asalkan Anda harus pandai menentukan harga, jika harga yang diberikan terlalu mahal, maka masyarakat nantinya malas membeli di tempat Anda.

Peluang warung sembako di desa terbilang cukup menjanjikan, dikarenakan masih sulitnya ditemukan supermarket. Selain itu, pasar tradisional yang ada, tidak selamanya setiap hari dibuka sehingga membuat warga harus mencari kebutuhan sembako di tempat lain.

Mengenai modal awal usaha toko sembako bagi pemula dapat disesuaikan dengan jumlah sembako yang dijual dan biaya kebutuhan lainnya.

2. Jualan Bibit Tanaman Hias

Jualan Bibit Tanaman Hias

Tanaman hias sudah mulai digemari ibu rumah tangga, dengan menjual bibit tanaman hias maka bisnis kedepannya bisa menjanjikan. Apalagi lokasi pedesaan sangat srategis bagi tanaman yang dibudidayakan karena terhindar dari polusi.

Dengan adanya media sosial dan situs marketplace yang bisa membantu Anda dalam memasarkan jualan kepada masyarakat secara luas membuat bisnis Anda jauh lebih mudah. Adapun jenis bibit tanaman yang bisa dijual seperti bunga anggrek, bunga melati, bunga kamboja, bunga lily dan sebagainya.

3. Bisnis PPOB


Setiap pemilik rumah terkadang memiliki tagihan yang harus dibayar tiap bulan. Nah, dengan menyediakan layanan tersebut maka masyarakat sangat menyambut hangat bisnis PPOB yang dijalani.

Adapun jenis layanan yang bisa Anda berikan adalah transaksi pulsa, tagihan BPJS, PDAM, E-Money dan sebagainya. Target pasar dari bisnis PPOB sangat luas sehingga tidak perlu khawatir jika kedepannya akan sepi pembeli. Anda hanya perlu rutin mempromosikan usaha dan menawarkan layanan dengan harga yang mudah dijangkau.

4. Usaha Jajanan Kaki Lima

Salah satu usaha kuliner yang dapat dimulai dari modal kecil yaitu usaha jajanan kaki lima. Sering ditemui di pinggir jalan dan memiliki pembeli sangat banyak karena lokasi yang strategis dan makanan siap saji yang disediakan memiliki rasa yang enak dan harga yang dapat dijangkau.

Ada banyak sekali makanan yang laris di pinggir jalan, hal ini sangatlah wajar karena mengingat makanan siap saji sangat dibutuhkan bagi para pekerja yang tidak sempat memasak dan pulang kerumah.

Sebelum mencoba peluang usaha ini, ada bagusnya jika Anda belajar memasak supaya rasa kuliner yang diberikan dapat disukai oleh pembeli dan bisnis Anda kedepannya bisa bersaing dengan kompetitor.

5. Jualan Galon Isi Ulang

Jualan Galon Isi Ulang

Meskipun tinggal di pedesaan yang memiliki sumber air yang sangat banyak dan cukup jernih, namun terkadang ada saja beberapa orang yang sudah nyaman mengkonsumsi air galon. Selain itu, hujan yang sering terjadi membuat air sumur warga sering menjadi tidak jernih sehingga membuat mereka mencari penjual galon.

Dengan menawarkan usaha galon isi ulang maka warga tidak perlu khawatir lagi mencari sumber air yang jernih dan bisa diminum.

6. Usaha Jualan Minuman

Bisnis waralaba minuman akhir-akhir ini telah menjamur di berbagai tempat dan sukses mendapatkan omzet yang lumayan besar. Maka tidak heran jika jualan minuman telah menjadi peluang usaha di desa yang mulai berkembang.

Jika ingin menjual minuman di desa, namun terkendala dengan modal, maka Anda tidak usah bekerjasama dengan waralaba. Anda hanya perlu mahir membuat minuman dan mendirikan stand jualan agar bisa menarik minat pembeli.

Ada banyak resep minuman di internet yang bisa Anda pelajari. Yang perlu Anda perhatikan ialah harga jual dan lokasi yang harus strategis agar orang lebih mudah melihat usaha jualan yang sedang dijalankan.

7. Usaha Warkop

Usaha Warkop

Warung kopi bisa menjadi usaha yang cukup menjanjikan. Jika Anda sedang mencari peluang usaha di desa dengan modal kecil maka usaha warkop bisa Anda coba. Dalam memulai bisnis ini tidak usah menyediakan biaya yang cukup besar. Orang yang sudah nyaman meminum kopi tidak mempermasalahkan jika warkop yang disediakan terlihat biasa saja.

Selain menjual kopi, Anda bisa menawarkan menu lainnya seperti gorengan, teh dan mie instan. Dengan menyediakan banyak menu maka potensi keuntungan yang didapat akan menjadi lebih besar.

8. Usaha Fotokopi dan Print

Selain usaha kuliner. Mencoba peluang usaha jasa juga tidak kalah laris. Mulai dari anak sekolah sampai orang yang bekerja sangat membutuhkan jasa fotokopi dan print. Maka dari itu, usaha jenis ini memiliki peluang yang tidak boleh di remehkan jika dijalankan di desa.


Meskipun modal membeli mesin fotokopi dan laptop terbilang besar namun Anda hanya perlu membelinya sekali dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang sangat lama sehingga bisa balik modal.

Untuk lokasi yang bagus dari usaha jenis ini adalah dekat dari sekolah, Kantor dan instansi pemerintahan.

9. Budidaya Ikan

Ikan merupakan makanan yang paling sering dikonsumsi setiap hari dan sudah menjadi salah satu bahan pokok. Banyaknya permintaan ikan yang sering dijumpai membuat Anda bisa memulai budidaya ikan konsumsi. Adapun ikan yang sering dimakan adalah ikan air tawar. Hal ini juga bisa menjadi salah satu peluang usaha di desa yang tidak boleh dilewatkan.

Keuntungan yang didapatkan dari bisnis budidaya ikan konsumsi adalah biaya yang dikeluarkan tidak besar dan perawatan ikan air tawar sangat mudah. Selain itu bisnis ini memiliki target pasar yang sangat luas khususnya di desa yang sudah sering memakan ikan jenis air tawar.

10. Usaha Alat Pertanian

Menyediakan kebutuhan alat pertanian bisa Anda coba, usaha jenis ini cocok dijalankan di kampung. Alasannya cukup sederhana yaitu orang yang tinggal di pedesaan kebanyakan bekerja di bidang pertanian sehingga target pasarnya sangat tepat sasaran. Dengan menyediakan alat-alat bertani maka bisnis Anda nantinya akan sering kedatangan para petani yang ingin membajak sawah.

11. Usaha Ternak Ayam

Selain ternak ikan, Anda juga bisa memulai usaha ternak ayam. Daging hewan ini sangat laris di pasaran dan setiap hari dijual. Banyak pemilik warung makan selalu memberikan menu makanan yang memiliki bahan utama ayam seperti mie ayam, ayam geprek dan lainnya.

Ayam kampung bisa bertelur dengan jumlah banyak dan dagingnya bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Proses pemeliharaan ayam jenis ini sangat mudah bahkan mereka bisa dilepas untuk mencari makan sendiri, sehingga biaya perawatan yang dikeluarkan cukup kecil.

12. Usaha Tukang Cukur

Peluang usaha di pedesaan yang terakhir adalah membuka usaha tukang cukur. Usaha ini bisa dimulai asalkan Anda pandai mencukur rambut dan bisa memberikan model rambut yang disukai pelanggan.

Mengenai usaha dibidang ini sangatlah menjanjikan. Anda memiliki harapan sukses jika serius menjalaninya. Mulai dari anak sekolah sampai orang tua sering memotong rambutnya setiap sebulan sekali sehingga pelanggan yang didapatkan akan selalu Ada.

Cara Memulai Usaha di Pedesaan

Bagi Anda yang berminat mencoba membuka usaha di desa, sebaiknya mengetahui beberapa hal dalam memulai bisnis di pedesaan, seperti menentukan jenis usaha, menyiapkan lokasi, modal yang dibutuhkan dan strategi pemasaran juga harus Anda siapkan agar bisa bersaing dengan kompetitor dalam menarik minat warga desa untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

Jangan terburu-buru dalam memulai bisnis karena akan berdampak buruk jika melakukannya tanpa rencana. 

Penutup

Itulah pembahasan mengenai peluang usaha di daerah pedesaan untuk pemula yang sukses. Semoga artikel yang saya berikan dapat bermanfaat dalam membuka ide usaha yang sebelumnya belum Anda miliki. Saya berharap juga setelah Anda membaca artikel ini semoga bisa menemukan peluang usaha yang layak di coba. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Peluang Usaha di Daerah Pedesaan Untuk Pemula yang Sukses"