Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Media Promosi Yang Efektif Untuk Memasarkan Produk Kerajinan Dari Bahan Limbah

Daftar Isi [Tampil]


 Meskipun saat ini ada banyak produk buatan pabrik yang laris di pasar. Namun masih ada juga yang membeli produk kerajinan tangan dari bahan limbah, misalnya hiasan meja dan bingkai foto yang sering dijual secara online.

Media Promosi Yang Efektif Untuk Memasarkan Produk Kerajinan Dari Bahan Limbah

Jika Anda memiliki keahlian membuat barang dari bahan limbah maka ada baiknya jika memasarkan produk tersebut. Sebelum memulai menjual, ada baiknya jika tahu jenis media promosi yang cocok dipakai.

Ada banyak media promosi yang efektif untuk memasarkan produk kerajinan dari bahan limbah misalnya spanduk dan pamflet. Jadi tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu menyediakan barang yang layak pakai dan menarik untuk dilihat.


Berbagai usaha kerajinan dari bahan limbah bisa menjanjikan untuk dijual asalkan pandai dalam memasarkan produk. Lebih bagusnya lagi bahan-bahan yang dipakai berasal dari limbah yang bisa didapatkan secara gratis.

Nah. Jika Anda sedang berniat memulai usaha jenis ini dan ingin tahu media promosi apa yang layak dipakai dalam memasarkan produk, maka silahkan simak artikel dari zonausaha.com berikut ini.

Tujuan Media Promosi

Adapun tujuan dari adanya media promisi bisa dilihat berikut ini:

  • Mendapatkan pelanggan baru.
  • Memberikan informasi jelas dari usaha yang dijalani.
  • Menjangkau lebih banyak konsumen.
  • Menjaga produk agar bisa lebih banyak yang tahu dan bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.
  • Menjaga pelanggan supaya tetap percaya dengan kita.
  • Menambah nilai produk supaya lebih berkualitas.

Media Promosi Yang Efektif Untuk Memasarkan Produk Kerajinan Dari Bahan Limbah

Saat ini ada banyak media promosi yang dipakai untuk berjualan. Namun hanya sebagian yang efektifk atau cocok dalam memasarkan produk kerajinan dari hasil limbah. Seperti yang ada di bawah ini.

1. Media Promosi Spanduk

Suda tidak dipungkiri spanduk menjadi media promosi paling sering dipakai dalam berjualan. Pada isi spanduk bisa kita tambahkan gambar kerajinan tangan beserta alamat toko Anda agar bisa dilihat oleh konsumen.


Adapun bentuk dan ukuran dari spanduk bisa disesuaikan seperti X-banner yang posisinya berdiri dan dipasangi kerangka agar mudah dipindahkan. Ada juga spanduk yang posisinya landscape dan dipasang pada dinding rumah atau toko.

2. Media Promosi Pamflet

Jika ingin memasarkan produk secara luas di lingkungan masyarakat, maka cobalah membuat pamflet yang menampilkan gambar dan harga kerajinan tangan yang dibuat. Anda bisa membagikan pamflet pada tempat keramaian agar bisa menjangkau banyak orang.

3. Media Sosial

Saat ini media sosial sudah menjadi media promosi secara online yang paling sering dipakai, misalnya Facebook dan Instagram. Biasa kita lihat banyak pedagang pakaian maupun produk elektronik memasarkan dagangannya. Anda juga bisa mencoba memperkenalkan kerajinan tangan yang sudah dibuat ke media sosial. Jika ada teman atau kenalan yang melihat postingan Anda, maka mereka juga akan ikut membagikannya sehingga bisa menyebar secara luas.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulang yang Menguntungkan

4. Poster

Media promosi selanjutnya adalah poster. Biasa kita temukan pada papan pengumuman di sekolah, kampus dan instansi yang memasang poster dari suatu kegiatan maupun usaha jualan.

Jika memiliki kenalan atau keluarga maka bisa meminta tolong untuk menempelkan poster jualan Anda ke papan pengumuman agar bisa dilihat banyak orang. Jangan lupa cantumkan alamat dan nomor hp agar mereka bisa menemukan lokasi Anda dan melihat kerajinan dari bahan limbah yang dibuat.

5. Promosi Iklan Televisi

Jika ingin memasarkan dagangan Anda dalam bentuk video, maka bisa mencoba promosi melalui televisi. Dengan adanya fasilitas televisi, kita sudah bisa melakukan promosi dengan lebih menarik. Namun perlu diingat proses pembuatan iklan di tv memerlukan waktu cukup lama dan juga harus antri dengan pengusaha lainnya yang ingin memasarkan produk. Selain itu, biaya promosi yang cukup mahal sehingga harus menyiapkan dana lebih.

6. Koran dan Majalah

Meskipun saat ini informasi bisa didapatkan secara online, namun masih ada sebagian orang ingin membaca berita melalui koran dan majalah. Dengan begitu kita masih bisa memakai media promosi ini dalam memberikan informasi produk kerajinan dari bahan limbah yang sudah dibuat.

Promosi jenis ini menampilkan tulisan dan gambar. Jadi usahakan berikan deskripsi dagangan secara jelas dan mudah dibaca. Hampir setiap daerah di Indonesia sudah memiliki perusahaan yang menyediakan koran dan majalah.

7. Merchandise

Menggunakan media promosi berupa cenderamata dapat menarik hati konsumen untuk membeli produk kerajinan tangan Anda. Ada banyak jenis merchandise yang bisa didapatkan dengan harga murah seperti alat tulis, topi, kalender, stiker dan lainnya. Nanti Anda tinggal mencantumkan nama toko dan alamat agar mereka bisa menemukan lokasi jualan Anda.

Akhir Kata

Ada banyak media promosi yang efektif dalam mempromosikan kerajinan tangan yang dibuat dari limbah. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda hanya perlu mahir memasarkan produk agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Demikianlah pembahasan ini semoga bisa bermanfaat. Artikel ini dibuat dan dipublish oleh zonausaha.com.

Posting Komentar untuk "7 Media Promosi Yang Efektif Untuk Memasarkan Produk Kerajinan Dari Bahan Limbah"

close
.