Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang Kecil

Daftar Isi [Tampil]


 Mampu mengelola keuangan bisnis merupakan salah satu cara dalam menghindari kerugian yang tidak diinginkan. Jika Anda baru memulai membangun usaha, maka ada baiknya belajar mengelola keuangan dengan baik seperti mencatat segala kebutuhan dan bahkan kerugian yang ada agar kita tahu keuangan Anda saat ini.

10 Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang Kecil

Selain itu, masih ada beberapa cara yang perlu diperhatikan agar keuangan bisnis bisa berada pada kondisi yang baik. Saat ini ada banyak orang yang membangun usaha dagang kecil, namun sering berjalannya usaha, ada sebagian dari mereka yang mengalami kerugian akibat tidak memperhatikan keuangan yang sering dikeluarkan.


Nah, pada pembahasan ini zonausaha.com memberikan cara agar kita sebagai pemilik usaha dagangan kecil maupun menengah ke atas bisa mengelola keuangan dengan baik. Jika tertarik mempelajarinya maka simak baik-baik penjelasan yang diberikan.

Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang Kecil

Berikut ini ada 7 cara mengelola keuangan usaha kecil yang bisa dipelajari.

1. Membuat Laporan Keuangan

10 Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang Kecil

Laporang keuangan adalah dokumen berisikan catatan keuangan dalam bisnis Anda nantinya. Anda atau karyawan akan menginput transaksi pembelian, penjualan dan transaksi lainnya yang berkaitan dengan nilai ekonomi dan moneter. Biasanya laporan jenis ini dibuat sekali dalam sebulan atau satu tahun sekali.

Tujuan dibuatnya laporan keuangan adalah supaya pemilik usaha bisa menyajikan informasi yang berkaitan dengan kuangan, realisasi anggaran, saldo anggaran dan laporan bermanfaat bagi para pelaku usaha.

2. Meninjau Semua Biaya Pemasukan dan Pengeluaran

Untuk Anda yang baru memulai usaha dagang kecil sebaiknya rutin mengecek biaya pemasukan dan pengeluaran agar Anda bisa tahu keuangan saat ini. Baik besar maupun kecil harus Anda catat karena ini cukup penting dalam mengelola keuangan bisnis Anda kedepannya agar berada pada kondisi baik.

Jika ada masalah keuangan yang tidak diduga misalnya pengeluaran yang banyak di bulan tertentu, maka Anda bisa mengeceknya melalui biaya pengeluaran. Dengan begitu Anda tidak akan bingung mengenai pengeluaran yang dipakai.

3. Memisahkan Keuangan Pribadi dan Perusahaan

10 Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang Kecil

Cara ketiga ini bisa dimulai dari membuat rekening khusus untuk bisnis. Dengan begitu kita bisa mengatur keuangan bisnis dan tahu berapa dana yang terkumpul. Anda bisa membuka rekening giro yang ditujukan untuk perusahaan. Dengan mengetahui jumlah uang terkumpul maka Anda sebagai pemilik usaha bisa mengelola warung kecil menjadi besar karena sudah bisa menyimpan uang dengan baik.

Baca juga: Peluang Usaha di Daerah Pedesaan Untuk Pemula

4. Melakukan Pembukuan


Cara selanjutnya dalam mengelola keuangan usaha dagang kecil adalah membuat pembukuan. Ada baiknya mulai dari sekarang segera mencatat semua aktivitas keuangan misalnya setelah melakukan pengeluaran dalam membeli kebutuhan usaha. Jangan lupa juga catat setiap pengeluaran diluar pembelian barang dagangan, seperti biaya transportasi, kebutuhan makan karyawan dan sebagainya.

5. Investasikan Uang Untuk Bisnis

Saat ini banyak pelaku usaha sudah beriventasi agar bisa mengembangkan bisnis. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi, misalnya hasil investasi bisa dipakai lagi dalam menjalankan bisnis baru dan membeli dagangan dengan kualitas lebih baik. Jika masih belum siap berinvestasi maka solusinya adalah mahir mengatur keuangan agar bisa disimpan sebagai tabungan dan dana darurat.

6. Melacak Semua Pengeluaran

Cara berikutnya adalah mengetahui dari mana semua pengeluaran. Jika tidak mengetahuinya maka nanti bisa berakibat kerugian. Anda harus teliti dalam melacak pengeluaran agar terhindari dari pembengkakan anggaran. Jangan lupa rutin mencatatnya, mulai dari setiap transaksi, pengeluaran dan kebutuhan lainnya wajib Anda catat.

7. Membuat Rencana Anggaran

Dengan adanya rencana anggaran, Anda bisa memperkirakan semua kebutuhan dalam bisnis misalnya mengatur uang dari hasil jualan dagangan. Buat dan catat rencana anggaran sedetail mungkin agar tidak ada yang dilewati saat membeli kebutuhan.

Sebagai permulaan sebaiknya menyesuaikan sesuai kondisi usaha Anda kedepannya. Setelah itu, lakukan review anggaran secara rutin supaya bisa melihat gambaran dari mengatur uang hasil jualan barang. Jika sudah maka lanjut ke tahap strategi bisnis lainnya yang bisa dipakai dalam mengelola keuangan usaha dagang.

Baca juga: 12 Cara Sukses Berdagang Makanan Bagi Pemula

8. Buat Budget Secara Berkala

Cara berikutnya adalah mengatur keuangan dengan membuat budgeting yang bisa bekerja sebagai batasan dalam membantu kita menilai kinerja dan efisiensi usaha. Dengan adanya budget, pemilik usaha dapat mendirikan pembatas dari pengeluaran sesuai tempat yang sudah ditentukan. Dengan begitu bisa terhindar dari pengeluaran yang banyak.

Jika sudah menyusun anggaran untuk minggu atau bulan ini, maka lakukan lagi budgeting untuk periode berikutnya dan sesuaikan dengan kondisi dagangan yang laris agar pelanggan bisa membeli stok yang masih disediakan.

9. Menerapkan Laba Untuk Mengembangkan Usaha

Laba usaha adalah keuntungan yang didapat oleh perusahaan, keuntungan yang dimaksud berasal dari jumlah total pendapatan yang dikurangi dari biaya produksi perusahaan. Kadang juga laba dijadikan sebagai profit yang bisa meningkatkan kinerja suatu bisnis.

Tujuan dari menerapkan laba dari usaha dagang kecil adalah supaya bisa memakai sebagian uang yang didapat dari berdagang untuk dipakai dalam mengembangkan bisnis agar semakin besar. Selain itu, Anda juga bisa mengarahkan barang sebagai investasi ke bidang yang menguntungkan seperti menambah dagangan agar bisa dijual sebanyak mungkin. Jika menerapkan hal ini maka keuangan bisnis bisa menjadi sangat baik.

10. Sedekah dan Berdoa

Cara terakhir ini biasa sering diabaikan oleh pemilik usaha yang masih baru. Namun harus Anda ingat, jika ingin bisnis berjalan lancar dan keuangan stabil sebaiknya luangkan waktu dalam berdoa dan menjalankan ibadah, karena rejeki sudah di atur oleh Tuhan. Anda juga jangan lupa melakukan sedekah dari keuntungan usaha dagang agar bisa melindungi Anda dan bisnis dari musibah.

Akhir Kata

Mengatur keuangan usaha dagang bisa dimulai dari 10 cara di atas. Semoga artikel ini bisa memberikan Anda pengetahuan dalam mengelola budget. Demikianlah artikel ini yang dibuat dan diposting oleh situs zonausaha.com. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang Kecil"

close
.