Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengelola Keuangan Organisasi Bagi Pemula

Daftar Isi [Tampil]


 Bagi Anda yang sedang diberikan kepercayaan dalam mengelola keuangan organisasi maka sebaiknya simak artikel ini. Biasanya setiap organisasi menerima sumbangan dari para anggota yang berpastisipasi dalam kegiatan tertentu. Selain itu, kadang juga mendapatka donasi dari pihak kampus, instansi atau perusahaan maupun sumber lainnya untuk mendukung kegiatan organisasi.

Cara Mengelola Keuangan Organisasi Bagi Pemula

Nah, bagi mereka yang menyumbangkan donasi tentu ingin tahu uang tersebut dipakai untuk apa. Maka sebagai bukti dan tanggung jawab, pihak organisasi harus membuat laporan keuangan yang transparan. Sebelum membuat laporan keuangan, Anda terbelih dahulu harus tahu mengelola uang organisasi agar tidak ada masalah yang terjadi misalnya ada uang yang dikorupsi secara tidak sengaja.

Untuk itu setiap organisasi nonprofit maupun bukan harus mahir mengatur keuangan. Nah, kira-kira caranya seperti apa? pada pembahasan ini zonausaha.com memberikan caranya. Jika Anda tertarik mempelajarinya maka simak artikel ini sampai selesai.

8 Cara Mengelola Keuangan Organisasi Bagi Pemula

Keuangan organisasi harus dikendalikan supaya bisa terkelola dan berjalan dengan baik sesuai harapan, maka kita sebagai anggota yang dipercaya mengelola keuangan organisasi harus bisa mengontrol secara efektif dan efisien agar bisa mengatasi atau mengurangi pengeluaran yang dianggap boros.


Berikut Ada 8 tips yang zonausaha berikan untuk bisa mengatur keuangan organisasi, Anda bisa melihatnya di bawah ini.

1. Menyimpan Anggaran Untuk Setiap Kegiatan

Cara Mengelola Keuangan Organisasi Bagi Pemula

Biasanya dalam sebulan atau bahkan seminggu, setiap organisasi memiliki beragam kegiatan atau aktivitas organisasi. Silahkan Anda tentukan anggaran masing-masing program seperti biaya perlengkapan, transportasi, makanan dan biaya operasional lainnya. Dengan membuat anggaran pada kegiatan yang nanti berlangsung maka bisa mengetahui setiap kebutuhan yang harus disiapkan.

2. Menentukan Anggaran Untuk Setiap Kegiatan

Menyimpan Anggaran Untuk Setiap Kegiatan

Jika sudah mengetahui setiap daftar kegiatan organisasi dan sudah menyimpan anggaran, maka tahap berikutnya adalah menentukan anggaran untuk setiap kegiatan. Anda harus mahir dalam membuat perhitungan agar budget yang dikumpulkan bisa cukup untuk setiap acara yang berlangsung.

Menentukan anggaran tiap kegiatan bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan organisasi, yang perlu Anda perhatikan adalah mengatur pendanaan supaya setiap kegiatan bisa terlaksanan sesuai yang diharapkan organisasi.

3. Membuat Rencana Pemasukan


Setelah selesai menyiapkan anggaran, maka tahap berikutnya adalah membuat perencanaan pemasukan. Ini dilakukan untuk menambah anggaran yang masih kurang, Anda yang dipercaya mengelola keuangan organisasi bisa mencari dana sosial yang berasal dari kampus atau sekolah, kegiatan bazaar dan donatur individu. Dengan begitu keuangan organisasi bisa bertambah dan berjalan dengan baik karena bisa terkumpul sepenuhnya.

Baca juga: Cara Mengelola Usaha Dagang

4. Fokus Pada Kegiatan Organisasi

Menyimpan Anggaran Untuk Setiap Kegiatan

Jika suatu organisasi tidak serius menjalani kegiatan maka bisa membuat keuangan menjadi berantakan misalnya dana yang sudah ada akan dipakai untuk kebutuhan tidak penting. Jika memiliki banyak kegiatan maka sebaiknya persiapkan anggaran untuk aktivitas yang sudah dekat dan jangan lupa atur jadwal untuk rapat sesama anggota organisasi agar bisa membahas aktivitas yang ingin diadakan. Dengan menentukan tujuan kegiatan organisasi maka akan lebih memudahkan kita mengatur keuangan, menganalisa manfaat kegiatan dan mencapai tujuan organisasi Anda kedepannya.

5. Mencatat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran Organisasi

Cara kelima ini mungkin sudah Anda terapkan, namun zonausaha tetap mengingatkan Anda, apalagi jika masih pemula dalam mengelola keuangan. Anda harus transparan dalam melakukan dokumentasi dan pencatatan dari setiap pengeluaran kegiatan maupun kebutuhan organisasi. Begitupun juga dengan pemasukan yang didapat harus Anda laporkan dan di umumkan ke setiap anggota organisasi.

Untuk pencatatan ini bisa dilakukan memakai buku atau bisa juga menggunakan perangkat Smartphone dan PC. Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa membantu kita mengelola keuangan, silahkan Anda pelajari agar bisa menginput dan mengakses data dengan mudah dan cepat.

6. Melakukan Evaluasi Pengeluaran dan Pemasukan Setiap Bulan

Setiap pengeluaran dan pemasukan harus Anda catat setiap bulan agar bisa tahu kondisi keuangan organisasi. Cara ini juga  bisa mengetahui sejauh mana Anda bisa mengelola keuangan dalam organisasi. Meskipun kegiatan tidak selamanya ada tiap bulan, namun pengeluaran untuk kebutuhan organisasi bisa saja ada. Nah, disinilah Anda harus mencatat segala kebutuhan agar bisa menyiapkan budget. 

Baca juga: 10 Jualan Barang Yang Laku Keras Dipasaran

7. Menyiapkan Dana Darurat

Dalam memulai kegiatan yang lebih dari satu, pihak organisasi harus bisa membagi budget yang ada untuk setiap acara yang akan diadakan. Nah, jika sudah menentukan anggaran untuk tiap kegiatan dan ternyata masih ada uang yang tersisa, maka ada baiknya bila disimpan sebagai uang cadangan organisasi untuk mengantisipasi adanya pengeluaran yang tidak terduga.

Masalah disetiap kegiatan tidak bisa diprediksi, oleh karena itu Anda harus mempunyai rencana dalam mengatasi gangguan tersebut seperti menyiapkan budget cadangan.

8. Menyesuaikan Sumber Pendapatan Antara Program Kerja Lama dan Baru

Anda sebagai bandahara memiliki peran untuk menyesuaikan program kerja yang lama yang ternyata masih belum selesai dengan yang baru. Setelah itu, Anda harus menyesuaikan dengan uang kas organisasi yang sudah terkumpul. Jika dirasa sesuai dan tidak ada masalah dengan program lama dan baru maka bisa segerah disahkan.

Namun apabila program lama tidak sesuai lagi maka ada bagusnya jika dibatalkan dan uang yang terlanjur dikumpul bisa digabung ke pendanaan kegiatan baru yang masih kekurangan dana. Namun sebelum itu sebaiknya rapatkan dengan para pengurus lainnya.

Akhir Kata

Setiap orang memiliki cara mengelola keuangan yang berbeda. Jika dipercaya mengelola keuangan organisasi maka Anda bisa membaca tips di atas yang saya buat. Artikel ini dibuat dan dipublish oleh situs Zonausaha.com. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengelola Keuangan Organisasi Bagi Pemula"

close
.