Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Menaikkan Omset Penjualan di Shopee

Daftar Isi [Tampil]

 Bagi Anda yang merasa masih belum mendapatkan hasil memuaskan dari berjualan di Shopee maka simak artikel ini sampai selesai. Saat ini sudah ada marketplace di Indonesia seperti Shopee. Orang yang ingin memakai toko online ini sudah banyak sehingga kita harus mahir menjual dagangan agar bisa laris pembeli.

Cara Menaikkan Omset Penjualan di Shopee

Anda yang saat ini sedang berjualan di Shopee harus mahir memikirkan cara meningkatkan penjualan supaya bisa bersaing dengan pedagang lainnya. Meskipun ada banyak ide jualan di Shopee, kita juga harus mahir memasarkannya agar jualan cepat habis. Jika tidak mahir meningkatkan omset maka kerugian bisa datang kepada kita.


Nah, jika saat ini omset penjualan sedang tidak stabil atau bahkan turun maka Anda perlu mempelajari beberapa hal agar bisa menaikkan pendapatan penjualan di marketplace Shopee. Adapun caranya bisa dilihat berikut ini yang sudah dirangkum oleh situs zonausaha.com.

1. Memakai Fitur Top Picks

Cara pertama yang bisa dicoba adalah mengaktifkan fitur Top Picks atau kategori yang bisa membantu kita untuk menambahkan 4-8 halaman untuk produk yang dijual. Dengan memakai fitur kategori maka bisa memudahkan orang berbelanja di toko online Anda.


Adapun cara mengaktifkan fitur ini yaitu melakukan akses ke akun penjual Shopee, kemudian pilih menu Pusat Penjual dan klik opsi pusat pemasaran. Selanjutnya klik opsi Pilihan Top dan Tambah Koleksi.

Setelah itu nanti Anda akan disuruh untuk memilih produk yang mau dimasukkan. Jangan lupa berikan nama kategori agar pembeli bisa melihat jenis produk yang dijual. Perlu di tahu kita bisa membuat sampai 10 koleksi untuk toko. Namun hanya bisa ditampilkan dalam waktu tertentu.

2. Manfaatkan Akun Media Sosial

Cara Menaikkan Omset Penjualan di Shopee

Saat ini baik anak sekolah hingga orang dewasa sudah memiliki akun media sosial yang biasanya dipakai untuk mencari informasi. Jadi Anda yang ingin menaikkan penjualan produk bisa memakai aplikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram agar bisa menyebarkan informasi jualan.

Cara ini juga efektif untuk membangun branding agar semakin dikenal. Seperti perusahaan dan selebram lainnya yang rutin memasarkan produk yang mereka jual, kamu juga bisa mencobanya biar bisa menjangkau lebih banyak target pasar.

3. Memahami Posisi Brand atau Produk

Cara Menaikkan Omset Penjualan di Shopee

Pahami brand yang Anda punya agar produk bisa bersaing dengan dagangan orang lain. Jangan menjual barang yang jarang dibeli, untuk mengetahuinya sebaiknya lakukan observasi toko milik orang lain yang menjual barang yang sama.


Sebagai pelaku bisnis online kita harus tahu posisi brand kita dibutuhkan oleh target pasar. Dengan memahami cara ketiga ini maka Anda bisa memperkuat posisi brand dan mendorong perkembangan produk agar bisa bersaing di Shopee.

Baca juga: 10 Cara Agar Dagangan di Shopee Laris

4. Melakukan Riset Produk

Riset yang dimaksud adalah melakukan riset target pasar agar bisa mengumpulkan informasi dari produk yang sedang mereka cari. Dari informasi yang didapatkan maka Anda bisa menyediakan kebutuhan konsumen yang nanti dijual pada toko Shopee. Cara ini juga bisa memudahkan kita mengidentifikasi adanya peluang perkembangan bisnis sehingga bisa membantuk meningkatkan omset kedepannya.

Bahkan kita bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan dari kompetitor sehingga Anda bisa bersaing. Jangan lupa susun strategi pada saat sudah melakukan riset produk agar omset terus berjalan.

5. Manfaatkan Google Trend

Meningkatkan penjualan di Shopee untuk pemula bisa dimulai dari memakai fitur Google Trend. Tujuan dari penggunaanya ialah untuk melakukan validasi atau mengecek produk tersebut masih ramai dicari atau sudah mulai menurun karena kebanyakan konsumen mencari tahu dulu melalui internet yang informasi tersebut akan diserap oleh Google Trend.

Cara kelima ini bisa membantu kita dari kerugian karena bisa tahu produk yang mulai ramai dan tidak. Sebab akan rugi jika menawarkan dagangan yang sudah tidak trend. Jadi manfaatkan Google Trend dalam menemukan produk yang lagi dicari.

6. Aktifkan Fitur Penjualan Cepat di Shopee

Flash sale dapat membantu pemilik toko untuk menjual barang dengan cepat. Fitur unggulan ini sudah banyak digunakan sebagai strategi penjualan di Shopee, sebab banyak pengguna langsung jatuh cinta dengan fitur yang disediakan.

Dengan adanya fitur penjualan cepat maka bisa menghasilkan omset yang fantastis. Adapun syarat yang harus dipenuhi berupa tidak ada point pelanggaran atau penalti, peringkat toko bagus, harga diskon sesuai nominasi, memiliki tingkat obrolan konsumen yang bagus, punya stok produk cukup dan termasuk kategori yang sesuai syarat berlaku.

7. Menyediakan Voucher Toko

Menawarkan voucer kepada pembeli bisa mendorong mereka untuk melihat produk sehingga bisa membeli barang yang ditawarkan. Cara ini bisa meningkatkan pendapatan Anda, untuk cara membuat voucer cukup mudah yaitu masuk ke halaman pusat belanja dan klik menu voucer. Setelah itu isi data sesuai intruksi dan tunggu prosesnya, nanti Anda bisa melihat voucer di dashboard toko.

8. Menyediakan Diskon Produk

Cara selanjutnya adalah memberikan diskon barang. Siapa tidak mau jika barang yang mau dibeli mendapatkan diskon, tentu semua orang mau. Silahkan berikan diskon setiap ada even atau hari raya agar penjualan barang bisa naik dan stabil.

Sebelum memberikan diskon, perhatikan dulu harga barang Anda agar pada saat menawarkan potongan harga, barang masih mendapatkan harga jual yang menguntungkan. Pada aplikasi Shopee terdapat fitur diskon yang bisa dipakai supaya bisa menarik orang yang awalnya melihat barang dan bisa terpikat membelinya karena memiliki potongan harga.

9. Gunakan SEO Marketplace Shopee

Untuk meningkatkan visibilitas toko diperlukan SEO Marketplace agar toko lebih mudah ditemukan di halaman pencarian Shopee. Adapun cara optimasi toko Anda di Shopee memakai prinsip SEO yaitu menyesuaikan kata kunci, pengulangan kata kunci, mencantumkan judul produk dan harga jual.

10. Menyediakan Layanan Gratis Ongkir

Rakyat Indonesia sangat menyukai layanan promosi Free Ongkir karena bisa menghemat uang belanja. Nah, Anda bisa mengambil peluang ini supaya omset bisa meningkat. Toko yang memiliki gratis ongkir akan memiliki ikon khusus pada katalog sehingga bisa menarik pembeli untuk melihat produk yang ditawarkan.

Tentu cara ini bisa menjadi daya tarik dalam menarik target pasar untuk mengklik produk yang mereka lihat. Perlu diperhatikan juga, jangan memberikan layanan gratis ongkir jika merasa tidak mendapatkan keuntungan sebab bisa membuat omset jadi menurung. Sesuaikan saja dengan harga barang dan jarak lokasi pembeli agar layanan gratis pengantaran tidak memberatkan Anda.

Akhir Kata

Itulah 10 cara menaikkan omset jualan di Shopee. Dari sepuluh cara di atas silahkan Anda terapkan supaya omset bisa naik dan bisa mendapatkan keuntungan. Berjualan secara online membutuhkan kesabaran dan strategi supaya bisa bertahan dari berbagai macam rintangan yang ada. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Cara Menaikkan Omset Penjualan di Shopee"

close
.