Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Usaha Jualan Keliling di Desa Paling Laku

Daftar Isi [Tampil]

 Ada banyak cara yang bisa dilakukan jika ingin berjualan mulai dari mendirikan toko, warung dan bahkan berjualan keliling memakai kendaraan seperti motor dan mobil. Pada pembahasan ini zonausaha memberikan contoh usaha yang bisa dijual keliling sehingga Anda yang belum memiliki modal menyewa lahan dan membangun toko namun memiliki kendaraan, bisa memanfaatkan kendaraan Anda untuk berjualan keliling di desa maupun area perkotaan.

Contoh Usaha Jualan Keliling di Desa Paling Laku

Bagi mereka yang tinggal di desa, sangat sulit menjangkau area pasar dikarenakan hanya ada satu pasar. Itupun tidak setiap hari buka, terkadang hanya di hari tertentu saja misalnya hari minggu. Tentu hal ini bisa membuat masyarakat kesulitan untuk membeli bahan pokok.

Dengan memulai usaha jualan keliling di desa maka dapat membantu warga yang tidak sempat ke pasar karena Anda bisa mengunjungi setiap rumah yang di lewati, dengan begitu jualan yang ada bisa segera laris. Sebagai contoh jualan sayur keliling yang sering dijumpai di pedesaan. Ibu-ibu sangat membutuhkan usaha jenis ini karena kebutuhan konsumsi sayur-sayuran setiap hari sering dijumpai.


Selain usaha jualan sayur keliling, masih ada banyak lagi jenis usaha yang bisa dimulai dari jualan keliling. Bahkan Anda yang masih pemula bisa memulainya. Nah, jika penasaran maka simak artikelnya di bawah ini.

Manfaat Dari Usaha Jualan Keliling di Desa

  1. Bisa berpindah-pindah lokasi jualan dengan mudah dan cepat karena memakai kendaraan untuk berjualan.
  2. Sebagai pedagang bisa dengan cepat mendatangi pembeli sehingga mempermudah proses pembelian dagangan.
  3. Tidak perlu menyediakan biaya sewa lahan dan listrik, sehingga bisa menghemat pengeluaran.
  4. Mampu menjangkau pembeli secara luas karena berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Strategi Jualan Keliling di Desa

Meskipun jualan keliling, kita juga harus mahir memilih lokasi yang ingin didatangi supaya bisa mendapatkan pembeli dengan cepat. Anda juga harus mahir mengatur waktu misalnya berjualan di pagi hari atau siang hari. Sesuaikan dengan dagangan Anda misalnya rujak buah yang ramai dibeli pada siang hari saja.


Strategi lainnya yaitu harus konsisten dan jangan menyerah saat memulai jualan karena sikap yang tidak percaya diri dan ragu bisa mengakibatkan jualan sulit habis. Terakhir berikan sikap ramah pada pelanggan agar mereka nyaman membeli dagangan Anda.

Contoh Usaha Jualan Keliling di Desa

Setelah mengetahui manfaat dan strategi jualan keliling di desa, maka berikut 10 contoh usaha jualan keliling di desa yang zonausaha.com rangkum.

1. Usaha Jualan Keliling Makanan Ringan


Jualan makanan ringan bisa dilakukan dengan berkeliling di desa. Biasanya penjual ini sering singgah di tempat keramaian seperti lapangan, sekolah dan lorong desa setiap dusun. Adapun kendaraan yang dipakai jualan bisa motor dan sepeda.

Untuk contoh makanan ringan yang dijual keliling yaitu somay, batagor, es cendol dan lainnya. Ide jualan ini termasuk usaha yang menguntungkan sebab bisa menjangkau konsumen dari berbagai usia mulai dari anak sekolah hingga orang tua juga menyukai makanan ringan yang cocok dijadikan cemilan disaat waktu luang sehingga menjadikan jualan ini cepat laris.

2. Usaha Jualan Keliling Perabotan Rumah Tangga

Contoh Usaha Jualan Keliling di Desa

Setiap ibu rumah tangga tentunya membutuhkan perabotan untuk digunakan di rumah mulai dari alat dapur, alat kamar mandi dan sebagainya. Orang yang menjalani usaha ini sering memakai kendaraan mobil karena barang yang dibawa cukup besar dan banyak, namun jika masih belum memiliki kendaraan roda empat maka manfaatkan saja kendaraan roda dua Anda. Caranya buat gerobak yang bisa memuat barang jualan yang muat di motor.

Adapun strategi jualan ini yaitu berkeliling di setiap desa sambil berteriak dengan memakai speaker agar bisa didengar oleh warga desa. Selain itu, gunakan sistem pembayaran kredit agar bisa menjangkau lebih banyak orang karena ada sebagian ibu rumah tangga yang ingin mencicil barang yang mereka beli.

3. Usaha Jualan Pakaian Keliling

Usaha Jualan Pakaian Keliling

Ide usaha jualan keliling selanjutnya adalah menjual pakaian. Sangat jarang ditemui ada orang menjual pakaian dengan berkeliling, ini bisa menjadi peluang usaha bagi Anda yang ingin memulai usaha jualan keliling di desa. Meskipun jarang ditemukan jualan pakaian keliling, namun Anda patut mencobanya karena kebutuhan pakaian bagi warga cukup besar.

Adapun jenis pakaian yang ramai dibeli yaitu pakaian wanita dan anak-anak. Anda bisa menyediakan stok lebih agar bisa mendapatkan hasil memuaskan dari berjualan. Jika Anda tertarik, situs zonausaha sudah membuat artikel peluang usaha jualan baju keliling beserta analisa keuntungannya. Dengan membacanya maka Anda bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk menjalani usaha ini agar bisa laris.

4. Usaha Jualan Minuman Keliling

Usaha Jualan Minuman Keliling

Usaha jualan minuman merupakan usaha yang akan laris setiap hari karena kebutuhan air untuk diminum saat beraktivitas sangat diperlukan. Anda bisa memulai jualan keliling dengan menyediakan minuman dingin seperti Pop Ice, Es Cincau, Es Kelapa dan lainnya. Adapun lokasi strategis untuk berkeliling di desa yaitu area lapangan sepakbola dan area sekolah yang biasanya anak-anak sangat menyukai minuman dingin.


Dengan mengetahui lokasi strategis berjualan di desa dan target konsumen maka Anda bisa memulai jualan keliling ini tanpa perlu khawatir kurangnya pembeli. Jangan lupa buatlah resep minuman yang memiliki ciri khas tersendiri, selain itu sediakan kemasan yang menarik agar minuman yang dijual semakin laku.

Baca juga: 12 Peluang Usaha Minuman Unik dan Ramai Pembeli

5. Usaha Jualan Bubur Ayam Keliling

Jika hanya memiliki waktu dipagi hari maka jualan bubur ayam cocok untuk Anda karena kuliner ini sering dicari untuk dijadikan sarapan saat berangkat bekerja. Dengan rasa bubur yang dipadukan irisan ayam menjadikan usaha jualan ini sering dicari. Anda bisa memulai jualan bubur ayam keliling desa sambil mengendari motor.

Sebelum memulai jualan bubur ayam, pastikan sudah mahir membuatnya agar bisa bersaing dengan penjual lainnya. Untuk harga jual per mangkok bisa dimulai dari Rp.8.000 sampai Rp.10.000.

6. Usaha Jualan Keliling Daging Ayam Potong

Sama halnya dengan jualan sayur dan ikan, menjual daging ayam potong telah menjadi kebutuhan ibu-ibu di rumah. Seperti daerah pedesaan hingga perkotaan sudah ada ditemukan pedagang ayam potong yang menjual keliling memakai kendaraan motor atau mobil.

Untuk penjualan dagingnya bisa meningkat dengan signifikan, sebab dibutuhkan di warung makan juga. Anda hanya perlu tahu lokasi desa yang padat dan tempat rumah makan yang membutuhkan daging ayam potong agar bisa menjangkau banyak pembeli.

7. Usaha Jualan Keliling Buah-Buahan

Ide jualan berikutnya adalah jualan buah-buahan. Selain sayur, buah-buahan juga dicari saat pagi hingga siang hari, Anda yang ingin berjualan sebaiknya harus memiliki kulkas di rumah agar bisa menyimpan buah dan terhindar dari resiko buah yang cepat busuk.

Untuk strategi jualannya bisa memakai gerobak dengan penutup kaca agar buah yang dijual terlihat segar dan mudah dilihat konsumen. Dengan menerapkan cara tersebut maka pembeli akan semakin ingin membeli dagangan Anda.

8. Usaha Jualan Rujak Buah Keliling

Sebagai masyarakat Indonesia yang menyukai makanan pedas dan bergizi maka kuliner rujak buah menjadi makanan yang laris dijual. Jika ingin berjualan rujak maka bisa Anda mulai di siang hari karena banyak orang sedang istirahat sering mencari jajanan ini. Anda yang berniat juala keliling di desa sangat cocok memulainya karena bahan utama rujak berasal dari buah-buahan yang mudah dijumpai di pedesaan seperti buah semangka, mangga, nangka dan pepaya.

Dalam menjalankan usaha ini tidak membutuhkan biaya banyak karena bahan pokoknya seperti buah, lombok dan kacang dijual dengan harga murah. Namun sebelum itu pastikan racikan rujak Anda harus pas di lidah agar bisa disukai pembeli.

9. Usaha Jualan Keliling Bumbu Dapur

Bumbu dapur sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi setiap ibu rumah tangga, sebab digunakan untuk memasak. Nah, usaha jualan bumbu dapur sangat cocok di desa, sebab mengumpulkan bumbu dapur dan menjualnya keliling desa bisa membantu para ibu-ibu yang tidak sempat ke pasar bisa membeli dagangan Anda.

Adapun bumbu dapur yang paling laku dan dibutuhkan setiap haris yaitu cabai, lombok, merica, jahe, kunyit, bawang merah dan bawang putih. Bumbu dapur ini bisa kita jual keliling memakai kendaraan motor yang sudah ada gerobaknya.

10. Usaha Jualan Keliling Telur Ayam dan Bebek

Seperti yang kita tahu telur ayam dan bebek merupakan kebutuhan pokok yang sering dimakan hampir setiap hari bahkan sering dipakai untuk proses pembuatan kue. Dengan maraknya kebutuhan telur maka bisa dijadikan peluang untuk memulai usaha jualan. Perlu diketahui pastikan membuat rak kayu untuk menampung telur yang hendak dijual keliling desa agar tidak gampang pecah.

Akhir Kata

Dari 10 ide usaha di atas semoga ada yang bisa membuat Anda tertarik untuk mencobanya di desa. Demikianlah artikel ini semoga bisa menjadi referensi untuk teman-teman yang memiliki niat membuka usaha jualan keliling. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Contoh Usaha Jualan Keliling di Desa Paling Laku"

close
.