Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Grafik di Excel Dengan 4 Variabel

Daftar Isi [Tampil]

 Grafik atau Chart sering dibuat menggunakan Microsoft Excel, misalnya Anda ingin membuat grafik dengan 4 variabel sesuai data yang ada pada tabel. Excel memiliki banyak fungsi mulai dari mengolah data menjadi tabel dan grafik, maka tidak heran jika banyak orang senang memakai program Office ini.


Grafik bisa membantu proses penyampaian data lebih mudah dilihat dan dibaca. Berbeda jika masih bentuk tabel yang menampilkan data yang dimana sebagian orang masih belum mengerti.

Lebih bagusnya lagi, Excel menyediakan berbagai macam template grafik yang bisa dipakai sesuai kebutuhan. Bahkan grafik 4 variabel bisa didesain menarik, bagi Anda yang sedang mencari tutorial membuat grafik di Excel dengan 4 variabel. Ada baiknya menyimak artikel ini sampai selesai.

1. Membuat tabel data untuk grafik

Langkah pertama adalah membuat tabel yang berisikan data yang nanti dibuat menjadi grafik 4 variabel. Caranya buka program Microsoft Excel dan cari file tabel Anda, jika belum ada maka silahkan dibuat terlebih dahulu.


Silahkan susun data menjadi rapi dan dikelompokkan sesuai laporan Anda. Untuk kolom dan baris tabel bisa disesuaikan dengan data tabel Anda nantinya.

2. Menyeleksi semua data

Tahapan selanjutnya adalah melakukan seleksi data pada tabel yang mau dibuatkan grafik. Silahkan seleksi mulai dari judul setiap kolom sampai akhir baris. Pastikan semua data sudah diseleksi. Jangan sampai ada yang tidak diseleksi karena akan membuat grafik tidak akurat.

3. Masuk ke tab Insert

Cara Membuat Grafik di Excel Dengan 4 Variabel

Jika sudah selesai menyeleksi data pada tabel, maka tahap berikutnya Anda masuk ke tab Insert, seperti pada contoh gambar di atas. Pada bagian grup chart, klik ikon panah bawah di sudut kanan agar menampilkan jendela Change Chart Type.

Terdapat banyak jenis grafik mulai dari Column, Line, Pie, Bar, Area dan lain sebagainya. Silahkan pilih desain grafik yang ingin Anda gunakan, sebagai contoh saya pilih grafik tipe kolom. Jika sudah, silahkan klik tombol OK untuk melihat hasilnya.

Baca juga: Cara Membuat Grafik Titik di Excel

4. Mengubah judul grafik

Judul sangat penting pada saat pembuatan grafik karena berhubungan dengan informasi yang ada di dalam grafik. Untuk cara mengubahnya, klik text Chart Title dibagian atas grafik dan ubah judul sesuai kemauan.

5. Mendesain grafik 4 variabel


Jika sudah selesai membuat grafik 4 variabel, maka tahap terakhir adalah mendesain grafik agar terlihat menarik. Silahkan klik grafik dan masuk ke tab Design, pada bagian “Chart Styles” pilih desain dari grafik yang dibuat. Anda juga dapat mengubah warna dari format data yang tampil dengan memilih tools Change Colors.

Membuat Grafik di Excel Dengan Banyak Data

  • Jika data dalam tabel diharuskan dibuat lebih dari 4 variabel maka kita bisa membuatnya melalui menu chart. Berikut caranya:
  • Seleksi semua data yang ada di tabel, mulai dari judul dan baris akhir tabel.
  • Lalu klik tab Insert, pada bagian grup chart. Klik ikon arah panah disebelah kanan.
  • Nanti muncul jendela Chart Type, pilih jenis grafik yang ingin dipakai. Misalnya grafik batang, diagram, garis dan lainnya.
  • Jika sudah memilih, maka klik tombol OK untuk melihat grafik Excel dengan banyak data sesuai data di tabel Anda.
  • Selesai.

Jenis-Jenis Grafik Pada Excel

Berikut beberapa macam grafik yang bisa dibuat di Excel:

1. Line Chart

Line chart ialah jenis grafik dengan bentuk garis yang digunakan untuk menghitung data dari tolak ukur dari waktu ke waktu. Melalui grafik ini maka pengguna bisa melihat jelas progres yang terjadi dari data yang sudah dibuat pada tabel sebelumnya.

2. Column and bar chart

Grafik kedua ini digunakan saat ingin membandingkan nilai. Grafik column dan bar biasanya ditampilkan dalam bentuk diagram batang yang bisa didesain semenarik mungkin dengan memakai fitur Chart Type di Excel.

3. Surface Chart

Jika ingin membuat grafik 4 variabel untuk mengetahui kombinasi optimal dari data, maka gunakan jenis chart Surface yang bisa memperlihatkan area yang ada dan tampilan dari nilai juga ikut dilihat. Grafik jenis ini juga cocok untuk multi variabel.

Akhir Kata

Membuat grafik 4 variabel bisa dilakukan di Excel dan kita juga bisa memilih jenis grafik yang mau dipakai. Demikianlah tutorial ini semoga bisa bermanfaat. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Grafik di Excel Dengan 4 Variabel"

close
.