Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Daftar Isi [Tampil]

10 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

 Memulai usaha tanpa riba merupakan solusi dan keputusan yang bisa Anda lakukan jika ingin mendapatkan modal tanpa harus membayar bunga yang berlebihan. Saat ini sistem peminjaman yang diberikan perusahaan hampir mendekati riba, sehingga sebagian orang merasa khawatir mengambil pinjaman.

Salah satu kendala yang di alami pelaku usaha yaitu susahnya mencari modal tanpa ada riba sedikitpun atau mendapatkan modal sesuai syariah. Ini dilakukan agar usaha yang dijalani bisa diberikan keberkahan dunia dan akhirat. Tentu orang yang memiliki usaha akan takut jika uang yang didapatkan ternyata berasal dari riba.

Saat memulai bisnis, tentu sebagian dari orang akan bingung mencari uang untuk modal. Selain itu, kita juga harus memiliki strategi bisnis agar bisa meningkatkan omset dan mampu bersaing dengan kompetitor.


Nah, pada pembahasan ini zonausaha.com memberikan cara dalam mendapatkan modal usaha tanpa riba yang bisa Anda pelajari di bawah ini.

1. Modal usaha dari aset pribadi

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Jika memiliki barang atau kendaraan milik sendiri yang sudah jarang dipakai maka ada baiknya dijual. Namun dengan catatan barang tersebut masih layak pakai. Misalnya smartphone, tablet, sepeda motor dan sebagainya.

Cara pertama ini paling sering dilakukan dan juga bisa terhindar dari riba, karena terhindar dari hutang. Namun perlu diingat pada saat menjualnya usahakan jangan memberikan harga mendekati riba supaya hasil uangnya jadi berkah.


Selain dijual, Anda juga bisa memakai barang dan kendaraan untuk mencari modal usaha misalnya menggunakan Smartphone untuk mempromosikan usaha. Sehingga tidak perlu mencetak brosur. Selain itu, memanfaatkan lahan rumah untuk mendirikan toko juga bisa menjadi aset pribadi yang menguntungkan.

2. Modal usaha dari lembaga keuangan yang masuk ajaran syariah

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Saat ini sudah banyak perusahaan atau lembaga keuangan syariah yang bisa jadi solusi bagi pelaku bisnis. Cara kerja dari lembaga syariah yaitu menerapkan sistem bagi hasil antara bank dan nasabah. Lebih bagusnya lagi sektor yang dibiayai bukan yang dilarangkan oleh syariah Islam sehingga aman untuk mengambil modal usaha.

Untuk membedakan antara Lembaga Syariah dan Non- Syariah bisa dilihat pada ciri khusus misalnya lembaga ini mengikuti aturan sesuai fatwa dengan pengawas syariah saat menerima peminjaman dan investasi.


Selain itu, perusahaan yang masuk ajaran syariah juga mengutamakan kemakmuran dunia dan akhirat sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.

Baca juga: Cara membuka usaha kecil kecilan yang menguntungkan

3. Modal usaha dari teman dan keluarga

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Cara ketiga yang bisa dicoba adalah meminjam uang dari sahabat atau keluarga dekat Anda misalnya saudara/I dan orang tua. Nah, agar terhindar dari riba maka ada baiknya membuat kesepakatan dahulu sebagai contoh tentukan jumlah pinjaman dan proses pelunasan.

Meskipun pinjaman dari teman dan keluarga, Anda juga wajib melunasinya. Solusi lainnya Anda bisa menjadi pengelola dan teman menjadi pemodal, setelah itu semua akad dituliskan pada kertas agar menjadi kesepakatan syariah dalam muamalah.

4. Modal usaha dari AI Salaam Syariah (PAS)


Bagi Anda yang masih pemula dan tidak memerlukan modal begitu besar, maka cobalah ambil pinjaman dari Pembiayaan Al Salaam Syariah (PAS). Untuk modal yang diberikan tergantung dari jenis usaha dan kebutuhan Anda.

Keunggulan dari PAS yaitu menerapkan angsuran sampai akhir tenor. Artinya tidak ada fluktuasi dari jumlah yang mau dibayar setiap bulan. Untuk kemudahan lainnya kita bisa mentransfer melalui rekening lain.

5. Modal usaha dari menggadaikan barang

Gadai kendaraan syariah bisa memberikan pinjaman secara syariah. Prinsip bisnis ini sudah diterapkan oleh perusahaan pegadaian dengan sistem gadai yang diberikan ke seluruh golongan nasabah. Adapun jaminannya bisa kendaraan motor, mobil dan barang berupa Handphone dan laptop.

Jika tidak ingin menjual barang maka sebaiknya gadaikan saja. Nah, agar barang Anda yang ingin digadai tidak mendapatkan riba maka kunjungi pegadaian yang menerapkan syariah. Jika mengajukan pinjaman di pegadaian syariah, umumnya hanya diberikan kesepatakan biaya perawatan barang selama masa gadai. Jadi tidak ada bunga pinjaman yang bisa merugikan pemilik usaha.

Baca juga: Anda bingung memulai bisnis coba lakukan ini agar sukses

6. Membuat kartu kredit syariah

Kartu kredit syariah menerapkan hukum Islam yang bisa Anda pakai untuk mendapatkan modal tanpa riba. Nah, kartu pembiayaan ini sudah dikeluarkan oleh bank syariah dan tidak mengenakan bunga.

Bahkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menjelaskan bahwa kartu kredit syariah ini harus diterapkan sesuai syariat Islam. Jadi masyarakat yang sedang mencari modal usaha bisa mencoba memakai kartu atm jenis ini tanpa terkena riba.

7. Modal usaha tanpa riba dari pinjaman online

Saat ini ada banyak pinjaman online yang menerapkan syariat Islam. Meski dilakukan secara online, namun pinjol syariah ini sudah memiliki legalitas dari OJK sehingga aman dan terpercaya saat mengambil modal dari sini.

Selain itu, pinjaman online syariah ini menggunakan akad ijarah dan murabahah. Manfaat lainnya yaitu pinjol jenis ini tidak menerapkan unsur riba dalam proses transaksi. Sebagai contoh pinjol Dana Syariah yang tidak menerapkan bunga sepeserpun. Didirikan tahun 2017 dan sudah mendapatkan nasabah dari seluruh wilayah Indonesia.

8. Mengajukan pinjaman untuk modal usaha secara syariah di Bank

Anda tidak usah khawatir meminjam uang di bank karena ada sebagian bank yang sudah menerapkan pinjaman secara syariah, misalnya bank syariah yang tidak menerapkan sistem bunga, sebab sudah menerapkan sistem transaksi yang diterapkan oleh Islam.

Saat mengajukan pinjaman kredit syariah, nanti pegawai bank menjelaskan dan menawari Anda untuk kredit akad mudharabah yaitu sistem pinjaman yang pada akhir periode peminjaman, pihak nasabah akan memberikan pembagian keuntungan sesuai perjanjian pada awal pertemuan.

9. Modal usaha dari investor masyarakat umum

Menemukan orang yang ingin dijadikan investor dalam mendapatkan modal usaha, patut Anda coba. Sebab biasanya ada orang yang berminat menitipkan modalnya, Anda harus menjelaskan dengan rinci jenis usaha yang ingin dijalani agar masyarakat tertarik bekerjasama.

Pastikan sebelum bekerjasama tidak ada unsur perjanjian riba, buatlah kesepakatan kepada investor yang ingin menitipkan modalnya. Perlu diperhatikan jangan menarik banyak investor karena bisa menambah hutang kedepannya. Sesuaikan saja modal yang diambil dengan bisnis yang ingin dijalani.

10. Modal usaha dari KTA Syariah

Kredit Tanpa Angsuran (KTA) Syariah bisa memberikan pinjaman tanpa meminta jaminan dari nasabah. Sehingga kreditur bisa mengajukan pinjaman tanpa diberikan bunga. Cara kerja dari KTA syariah yaitu pihak bank akan ikut menanggung sebagian resiko misalnya kerugian.

Untuk bisa meminjam, nasabah diwajibkan membuat surat berisikan alasan tujuan meminjam uang. Jika perusahaan Bank setuju dengan alasan Anda maka nanti pihak Bank akan menjelaskan syarat yang harus dipenuhi agar tidak melanggar syariat islam.

Akhir Kata

Itulah cara mendapatkan modal usaha tanpa riba sedikitpun. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat Anda menemukan solusi dalam mencari biaya membangun usaha. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba"

close
.