Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi Gmail Tidak Bisa Login

Daftar Isi [Tampil]

 Bagi pengguna Gmail, terkadang ada saja masalah yang sering dijumpai misalnya akun Gmail yang tidak bisa login. Jika menemukan kendala seperti itu tentunya akan membuat pekerjaan menjadi terganggu.


Ada beragam faktor yang mempengaruhi akun Gmail yang tidak bisa login diantaranya salah memasukkan Password, browser yang error, virus dan kemungkinan terburuk nya akun Anda telah di retas.

Cara Mengatasi Gmail Tidak Bisa Login

Nah, untuk mengatasi akun Gmail tidak bisa masuk caranya cukup mudah. Jika ingin tahu caranya maka simak baik-baik artikel ini karena zonausaha.com sudah membuatkan langkah-langkah dalam mengatasi masalah tersebut.

Mengatasi Gmail Tidak Bisa Login

Saat ini sudah banyak layanan Google yang terhubung dengan akun Google. Bahkan Smartphone Android juga terkoneksi dengan akun Google. Dengan banyaknya kebutuhan pada akun Gmail membuat kita harus memperbaiki akun yang tidak bisa login. Untuk tutorialnya bisa dipelajari berikut ini.

1. Memeriksa Update Aplikasi Gmail


Jika Anda merasa sudah jarang atau tidak pernah memperbarui aplikasi Gmail pada ponsel, maka itu bisa mengakibatkan akun susah untuk login. Sebaiknya update versi Gmail yang terbaru melalui Google Play Store.

2. Menutup dan Membuka Akun Gmail

Jika cara di atas belum bisa maka lakukan cara ke dua ini yaitu menutup aplikasi Gmail Anda. Ini bisa menjadi solusi bagi pengguna ponsel Android dan iPhone karena terkadang program Gmail lambat merespon perintah pengguna. Terlebih jika jaringan internet kurang stabil sehingga perintah untuk login gagal di eksekusi.

Jika mengakses akun melalui browser Mozilla, Chrome dan sejenisnya maka sebaiknya menutup browser yang dipakai kemudian membuka kembali akun Gmail yang bermasalah tadi.

3. Melakukan Restart Perangkat


Apabila Email dan Password sudah benar tapi tidak bisa login Gmail, penyebabnya itu karena permasalahan datang dari perangkat pengguna. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Restart ulang perangkat misalnya Smartphone, PC dan laptop. Kemudian membuka kembali Gmail lalu masukkan username dan Password.

4. Memeriksa Sync Gmail

Sync pada Gmail merupakan sinkornisasi agar akun bisa aktif dipakai. Jika Sync di akun Anda mati maka bisa mengakibatkan susahnya login. Oleh karena itu sebaiknya periksa sinkornisasi Sync apakah hidup atau mati.

Adapun caranya yaitu masuk ke menu setting melalui ikon titik tiga di pojok kiri atas Gmail > Settings > pilih akun yang sulit login > Scroll dan klik opsi Penggunaan Data > ubah sinkornisasi Gmail jadi hidup.

5. Mengganti Browser

Cara selanjutnya mengatasi Gmail tidak bisa login adalah mengganti browser yang pernah dipakai login. Untuk tipsnya yaitu masuk ke browser lain, sebagai contoh Anda mengakses Google Chrome dan saat itu tidak bisa login ke Gmail, pengguna bisa mencoba login kembali ke Mozilla karena siapa tahu Gmail bisa masuk ke browser tersebut.

6. Memeriksa Koneksi Internet

Gmail tidak bisa digunakan jika koneksi internet tidak terhubung. Sebaiknya coba periksa koneksi internet pada perangkat dan pastikan internet yang masuk stabil. Meskipun terbilang biasa namun hal seperti ini bisa menjadi penyebab kita gagal untuk masuk ke Gmail.

7. Reset Akun Gmail

Cara ke tujuh yaitu melakukan reset akun Gmail. Ini dilakukan karena pengguna biasanya salah memasukkan Password sehingga Gmail menganggap Anda sedang meretas akun. Untuk mengatasinya silahkan reset akun Anda dengan masuk ke halaman Google Account Recovery dan memasukkan akun Gmail yang tidak bisa login.

Apabila Anda lupa alamat email maka dapat menekan menu ‘Forget Email’. Jika lupa password maka sebaiknya melakukan reset sandi dengan menekan menu ‘Forgot Password’ dan memasukkan sandi baru yang sulit di retas orang lain.

8. Membersihkan File Sampah/Cache

Jika sudah melakukan Reset Factory dan masuk ke akun Google namun masih belum bisa login maka Cache atau file sampah yang sudah menumpuk bisa mengakibatkan kita susah untuk login. Jadi Chace dari perangkat dan akun Gmail sebaiknya dibersihkan agar proses login tidak terkendala. Silahkan hapus cache dari browser, Gmail dan perangkat supaya akun bisa masuk dan digunakan seperti sediakala.

Akhir Kata

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Gmail yang tidak bisa login. Silahkan ikuti tutorial yang sudah diberikan di atas. Semoga akun Anda bisa kembali normal agar pekerjaan bisa dilakukan seperti sediakala. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "8 Cara Mengatasi Gmail Tidak Bisa Login"

close
.