Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi Gmail Tidak Bisa Sinkronisasi

Daftar Isi [Tampil]

 Saat ini sudah banyak pengguna Gmail dari berbagai usia dikarenakan adanya kebutuhan pekerjaan dan pendidikan misalnya anak sekolah yang memakai Gmail untuk mengirim tugas dan orang yang bekerja memakai Gmail untuk kebutuhan kantor. Dengan banyaknya pengguna membuat ada sebagian dari mereka memiliki kendala saat memakai layanan Google ini.

Cara Mengatasi Gmail Tidak Bisa Sinkronisasi

Misalnya akun Gmail yang tida bisa sinkornisasi. Sehingga menghambat pekerjaan kita. Jika Anda mengalami masalah tersebut maka sebaiknya diperbaiki agar akun bisa dipakai seperti biasa. Lebih parahnya lagi, Gmail bukan hanya dipakai dalam bekerja. Saat ini aplikasi di Smartphone Android kebanyakan sudah mengaitkan dengan akun Gmail. Jika akun Gmail tidak bisa login maka data pada aplikasi juga sulit untuk diakses.


Sehubungan dengan permasalahan tersebut, situs zonausaha.com membuat artikel mengenai cara mengatasi Gmail yang tidak bisa sinkronisasi di ponsel Android dan iPhone. Jadi teman-teman yang ingin mempelajarinya sebaiknya menyimak artikel ini sampai selesai.

Mengenal Sinkronisasi Akun Gmail

Apa itu sinkronisasi akun Gmail? Sinkronisasi Gmail adalah suatu penyesuaian dari data yang ada di akun Gmail dengan data di server Google. Jika Gmail tidak bisa melakukan sinkronisasi maka bisa mengakibatkan notifikasi tidak nampak di layar utama.


Sebagai contoh dibidang sinkronisasi bisnis, yakni Anda disuruh membuat website bisnis yang bisa diakses dengan mudah. Jadi pelanggan bisa melakukan proses pembayaran secara cepat dan praktis.

Penyebab & Resiko Gmail Tidak Bisa Sinkronisasi

Sebelum masuk ke cara mengatasinya. Sebaiknya ketahui penyebab akun Gmail tidak mau sinkronisasi diantaranya yaitu ada orang yang mencoba mengakses akun Anda, lupa kata sandi, aplikasi Gmail mengalami error dan file sampah Gmail yang sudah menumpuk sehingga mengganggu proses sinkronisasi.

Adapun resiko yang dialami pemilik akun yaitu:

  • Tidak bisa mengirim pesan sesama pengguna Gmail.
  • Pesan yang dikirim kemungkinan lama terkirim.
  • Tidak bisa menerima email baru.
  • Tidak bisa membaca dan membuka pesan masuk di Gmail.
  • Munculnya notifikasi ‘Akun Tidak Disinkronkan’.

Mengatasi Gmail Tidak Bisa Sinkronisasi

Ada 4 cara yang bisa dipakai untuk mengatasi akun Gmail yang susah atau tidak bisa melakukan sinkronisasi. Untuk caranya bisa dipelajari berikut ini.

1. Melakukan Restart Perangkat


Cara pertama adalah restart perangkat yang terhubung misalnya pada ponsel dengan melakukan mulai ulang atau restart. Ini dilakukan supaya me-refresh atau menyegarkan kembali program pada ponsel yang lambat merespon perintah user.

Untuk cara mulai ulang di ponsel yaitu klik tombol power dan tahan beberapa detik. Kemudian pilih tombol Reboot dan tunggu prosesnya sampai selesai. Jika sudah maka silahkan buka kembali Gmail Anda.

Baca juga:

2. Melakukan Update Aplikasi Gmail

Cara kedua yaitu update aplikasi Gmail. Dengan memperbarui aplikasi Gmail maka proses sinkronisasi akun bisa berjalan dengan baik, selain itu juga bisa memberbaiki bug yang ada pada aplikasi lama.

Berikut cara update aplikasi Gmail:

  • Bagi pengguna Smartphone Android, masuk ke Google Play Store. Untuk pengguna iPhone masuk ke App Store.
  • Pada kolom pencarian ketikkan ‘Gmail’ kemudian klik tombol Update.
  • Tunggu proses update aplikasi selesai.
  • Jika sudah, silahkan buka Gmail dan login memakai akun yang sebelumnya belum bisa sinkronisasi.
  • Selesai.

3. Membersihkan Data Pada Akun Gmail

Cara ketiga ini akan mengajarkan kita untuk menghapus data di Gmail. Ini dilakukan supaya data yang dianggap virus atau sampah oleh Gmail bisa dihapus agar proses sinkronisasi tidak terganggu.

Adapun cara membersihkan file data yaitu masuk ke menu Settings/Setelan, lalu tap Aplikasi & Notifikasi. Setelah itu klik menu Info Aplikasi. Klik pada opsi penyimpanan, disini semua data atau file yang masuk ke akun disimpan. Silahkan klik tombol Hapus Data > Oke.

4. Membersihkan Ruang Penyimpanan Ponsel

Cara terakhir dalam mengatasi tidak bisa sinkronisasi yaitu membersihkan ruang penyimpanan hp. Jika memori ponsel sudah penuh akibat banyaknya file bisa membuat kinerja ponsel menjadi terganggu, termasuk kinerja aplikasi Gmail. Silahkan hapus file atau berkas yang sudah tidak dipakai agar aplikasi Gmail bisa berjalan dengan baik.

Akhir Kata

Saya kira itulah pembahasan mengenai cara mengatasi Gmail yang tidak bisa melakukan Sinkronisasi. Ada 4 cara yang diberikan, silahkan pelajari agar akun Anda bisa sinkronisasi dan bekerja dengan baik. Sampai jumpa di tutorial berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengatasi Gmail Tidak Bisa Sinkronisasi"

close
.