Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Kontras Laptop Acer

Daftar Isi [Tampil]

 Bagi Anda pengguna laptop Acer, pasti pernah mengalami layar laptop yang menampilkan kecerahan berlebihan sehingga membuat mata merasa tidak nyaman. Acer sudah memberikan fitur tombol Shortcut agar pengguna bisa mengatur kontras supaya kita bisa merasa nyaman saat bekerja depan layar.

Cara Mengatur Kontras Laptop Acer

Meskipun terkesan sepele. Namun masih ada sebagian pengguna laptop Acer yang masih belum tahu caranya. Nah kebetulan saya sendiri pengguna laptop Acer dan kali ini akan memberikan tutorial nya.


Cara mengatur kecerahan laptop atau biasa disebut kontras ini cukup mudah dilakukan. Anda bisa mempelajari nya dengan cepat. Baik pengguna sistem operasi Windows 8, 10 dan 11 bisa menurunkan dan menaikkan kecerahan laptop Acer.

4 Cara Mengatur Kontras Laptop Acer

Kali ini zonausaha.com memberikan dua cara untuk mengatur kecerahan atau biasa disebut kontras pada laptop Acer.

1. Melalui Pengaturan Sistem Operasi Windows 8 Dan 10


Untuk pengguna Windows 8, bisa mengatur kecerahan dengan menekan tombol Windows + C di Keyboard. Setelah itu memilih menu Charms Bar > Setting. Jika sudah, maka kalian bisa klik ikon Brightness dan tinggal geser slidernya sampai tinggkat kecerahan sesuai kebutuhan Anda. Menarik slider Brightness ke kanan bisa mencerahkan layar dan sebaliknya bila menarik ke arah kiri.

Sedangkan untuk pengguna Windows 10, bisa melalui menu Control Panel. Untuk cara aksesnya klik ikon Pencarian di pojok kiri bawah. Jika tidak tampil, silahkan klik ikon Windows + S pada Keyboard dan ketikkan Change Display Settings.

Pada bagian Display, terdapat Slider Change Brightness. Silahkan atur kontras laptop Acer Anda dengan menarik slider ke kiri dan kanan.

2. Melalui Pengaturan Mobility Center


Cara kedua ini bisa dilakukan pada Windows 7, 8, 8.1, 10 dan 11. Jadi Anda tidak perlu khawatir bila menginstal Windows yang berbeda. Untuk caranya sebagai berikut.

  • Pada keyboard laptop, klik logo Windows + Huruf X secara bersamaan.
  • Kemudian, muncul beberapa menu. Klik Mobility Center atau Windows Mobility Center.
  • Nanti Anda melihat pengaturan Brightness, Volume, Battery Status, External Display dan Sync Center. Untuk pengaturan kecerahan laptop Acer, pilih Brigtness.
  • Tarik Slider ke kanan agar menaikkan kecerahan dan ke bawah untuk menurunkan pencahayaan. Sesuaikan kebutuhan Anda.

Baca juga:

3. Melalui Slider Windows 7, 8, 10 dan 11

Cara Selanjutnya adalah melalui Slider di Sistem Operasi Windows. Untuk caranya yaitu klik ikon baterai di pojok kanan bawah. Kemudian Klik ikon Matahari yang menampilkan tingkat kecerahan. Semakin di klik maka kecerahan laptop Acer akan bertambah. Jika ikon matahari tidak tampil maka klik saja ikon baterai agar tingkat daya baterai bisa menyesuaikan kecerahan layar laptop.

4. Mengatur Kontras Laptop Melalui Keyboard

Cara terakhir yang bisa dipakai dalam mengatur pencahayaan layar laptop adalah melalui tombol Shortcut di Keyboard. Pertama, klik tombol FN + Simbol Matahari, biasanya terdapat pada tombol dengan arah panah kiri dan kanan. Kadang juga letaknya di tombol F1 dan F2.

Akhir Kata

Itulah cara mengatur kontras atau pencahayaan layar laptop Acer. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di tutorial berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Kontras Laptop Acer"

close
.