Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Kontras Warna Di CorelDraw

Daftar Isi [Tampil]

 CorelDraw sering dipakai untuk membuat desain seperti banner, spanduk, pamflet dan sebagainya. Agar desain yang dibuat menampilkan warna yang menarik dan cocok, maka sebaiknya kita mengatur kontras warna.

Dengan mengatur kontras dan Brightness warna objek maka hasil pewarnaan akan cocok pada setiap desain yang dikerjakan. Sama halnya jika kita mengatur kontras warna di computer, pada Coreldraw juga bias dilakukan.


Bagi yang belum tahu kontras warna adalah warna yang dihasilkan dari potongan titik yang ada di tengah segitiga warna, sehingga menghasilkan tampilan warna yang berbeda satu sama lain. Mereka yang hobi di bidang desain grafis kebanyakan menerapkan warna kontras pada karya yang dibuat.

Mengenal Warna Kontras Pada CorelDraw

  1. Warna Hue adalah jenis warna pada umumnya yang biasa dipakai mewarnai objek gambar dan tulisan.
  2. Warna Tin merupakan warna kontras yang dipadukan dengan warna putih sehingga menampilkan kecerahan putih pada warna yang dipilih.
  3. Warna Shade ialah jenis warna kontras yang dipadukan dengan warna hitam sehingga memberikan kesan gelap.
  4. Warna Tone adalah warna kontras yang dicampur dengan warna abu-abu.

Mengatur Kontras Warna di CorelDraw


Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan sudah menginstal aplikasi CorelDraw pada laptop atau PC Anda. Jika sudah maka simak langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke menu Window, kemudian pilih Docker dan klik Color.
  • Pada tampilan color Docker tersedia tiga bagian warna yang dipisah berdasarkan kontras atau kecerahan warna. Disini kita bisa mengatur warna kontras sesuai kebutuhan desain.
  • Nanti Anda melihat 3 pilihan utama yaitu Color Slider, Color Viewer dan Fixed Pallets.
  • Color sliders digunakan untuk memilih presentase warna. Cara penggunaannya adalah mengubah nilai atau angka sesuai warna yang dipilih. Untuk cara memakainya yaitu klik pada tombol docker agar menampilkan kotak pengaturan color.
  • Fixed Pallet dipakai untuk memilih warna yang mau dipakai saat mengerjakan desain.

Baca juga:

Mengatur Kontras Warna Pada Gambar Di CorelDraw


Setelah selesai membahas kontras warna maka tahap selanjutnya adalah menerapkan pengaturan tersebut ke dalam objek gambar atau desain. Untuk langkah-langkahnya bisa dipelajari berikut ini.

  • Pertama, masukkan foto atau desain ke dalam lembar kerja CorelDraw. Caranya klik menu File > Open. Bisa juga Anda langsung drag file ke area kerja.
  • Setelah foto berhasil dimasukkan. Klik menu Effect > Adjust > Brightnes And Contras. Atur kecerahan kontras warna pada gambar sesuai kemauan Anda.
  • Jika sudah selesai klik tombol OK untuk menerapkan perubahan.
  • Setelah semua proses dilakukan maka Anda mendapatkan hasil foto sesuai kecerahan warna yang sudah di atur tadi.
  • Simpan hasil perubahannya dengan memilih menu File > Save As. Pilih format gambar JPEG atau PNG.
  • Selesai.

Mempertajam Warna di CorelDraw

Menajamkan warna bisa dilakukan agar kontras desain terlihat lebih rapi dan menarik. Untuk caranya yaitu masuk ke Menu Effect > Adjust > Tone Curve. Nanti Anda disuruh untuk mempertajam objek dengan menarik garis Curve ke atas dan ke bawah. Atur sesuai kebutuhan saja. Jika sudah selesai, klik tombol OK untuk terapkan perubahan.

Akhir Kata

Demikian tutorial CorelDraw dalam mengatur kontras warna. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan teman-teman lainnya. Pemilihan warna dan kecerahan berperan penting dalam mengerjakan desain atau mengedit gambar. Jadi sebaiknya perdalam ilmu yang Anda pelajari sekarang. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Kontras Warna Di CorelDraw"

close
.