Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Kontras Warna Di Komputer

Daftar Isi [Tampil]

 Supaya kita bisa nyaman menatap layar komputer maka sebaiknya mengatur kontras warna seperti saturasi dan kontras. Perlu Anda tahu kontras warna di PC dikendalikan oleh kartu grafis seperti NVIDIA, AMD, Intel HD dan lainnya.


Jadi jika ingin mengatur kontras, Anda harus ke pengaturan grafis di komputer. Tentu akan sangat nyaman bila layar komputer menampilkan kontras warna yang sesuai dengan kenyamanan mata.

Nah, Pada pembahasan ini zonausaha.com sudah membuatkan tutorialnya. Jadi Anda bisa mempelajari langkah demi langkah agar bisa settings contras pada komputer yang sedang digunakan.

Cara Mengatur Kontras Warna Di Komputer


Untuk tutorial ini bisa memakai jenis komputer atau laptop jenis Asus, Acer, HP, Toshiba dan lainnya yang sudah terinstal sistem operasi Windows 8, 10 dan 11. Berikut tutorialnya.

  • Pertama kembali ke tampilan desktop.
  • Klik kanan area kosong layar desktop dan pilih opsi pengaturan grafis misalnya untuk grafis intel HD yaitu ‘Graphics Properties’. Sesuaikan saja dengan jenis kartu grafis yang terpasang pada komputer.
Cara Mengatur Kontras Warna Di Komputer
  •  Nanti Anda akan melihat tampilan pengaturan grafis komputer. Silahkan klik menu Display. Baik NVIDIA, Intel HD dan AMD memiliki menu Display. Silahkan di klik.
  • Selanjutnya Anda pilih menu Color Settings. Pada menu ini kita bisa mengatur tingkat kontras warna di komputer. Mulai dari warna merah, hijau, biru dan all colors juga tersedia.
  • Untuk mengatur kontras warna, tarik slider bar ke kiri dan kanan agar kualitas warna kontras bisa berubah. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.
  • Jika sudah selesai, klik tombol Apply untuk menerapkan perubahan.
  • Selesai.

Selain kontras warna, Anda juga bisa mengatur Brightness dan Gamma warna komputer di pengaturan kartu grafis tepatnya pada menu Display.

Baca juga:

Mengubah Warna Layar Komputer Menjadi Normal


Jika sebelumnya Anda sudah mengatur kecerahan warna komputer dan ingin mengubahnya kembali normal, maka Anda bisa masuk ke pengaturan kartu grafis dan pilih menu Display. Setelah itu, masuk ke Color Settings. Disini klik tombol Restore Defaults. Terakhir klik tombol Apply untuk terapkan perubahan.

Mengatasi Layar Monitor Berwarna Kuning di Komputer/PC

Jika tidak sengaja mengatur kontras warna menjadi kuning maka Anda bisa mengatasinya dengan masuk ke menu Display Settings di pengaturan grafis. Kemudian masuk ke pengaturan Color Management. Berikan centang pada pilihan “Use My Settings For This DeviceKlik Add dan pilih OK. Jika masih belum bisa maka silahkan restart laptop atau komputer agar pengaturan dan perintah program bisa diterapkan. Jika masih belum maka solusinya perbarui Driver VGA Anda.

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai cara mengatur kontras warna pada komputer, semoga tutorial yang diberikan bisa membantu Anda. Demikian artikel ini, sampai jumpa di pembahasan berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Kontras Warna Di Komputer"

close
.