Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Foto Instagram dan Whatsapp Tidak Muncul di Galeri

Daftar Isi [Tampil]

 Tidak munculnya foto di galeri yang diambil dari Instagram dan Whatsapp sering menjadi permasalahan pengguna media sosial ini. Namun perlu di ingat Anda harus mengecek beberapa penyebabnya mulai dari fitur simpan otomatis tidak aktif, jaringan internet tidak stabil dan aplikasi IG dan WA yang mengalami Bug.

Cara Mengatasi Foto Instagram dan Whatsapp Tidak Muncul di Galeri

Saat ini kedua aplikasi media sosial yang sudah disebutkan di atas telah menjadi favorit bagi masyarakat dalam mempublikasikan segala aktivitasnya. Bahkan ada sebagian orang menyukai mengambil foto yang ada di Instagram dan menyimpannya di galeri HP, begitupun juga pengguna Whatsapp yang hobi mengabadikan momen dengan memposting foto. Jika aktivitas ini dilakukan namun kita tidak bisa melihat foto yang di abadikan pada galeri, tentu kita akan merasa kecewa.


Nah, kebetulan pada tutorial ini situs zonausaha.com sedang membagikan tips dalam mengatasi permasalahan dimana foto Instagram dan Whatsapp yang tidak tampil pada folder galeri HP. Jika tertarik mempelajarinya maka simak penjelasannya di bawah ini.

3 Cara Mengatasi Foto Instagram Tidak Muncul di Galeri

Pertama kita bahas foto IG yang tidak muncul pada folder galeri HP. Berikut tutorialnya.


1. Mengaktifkan fitur simpan otomatis di Instagram Story dan Feed

  • Buka aplikasi IG di ponsel dan login memakai akun Anda.
  • Masuk ke menu unggahan Instagram Story dan klik ikon Settings gambar gerigi letaknya berada di pojok kanan atas layar.
  • Silahkan scroll ke bawah sampai menemukan menu Save.
  • Disini aktifkan opsi Save Story to Gallery dengan cara geser ikon toggle yang ada di samping kanan.
  • Nanti unggahan foto dan video Instagram secara otomatis masuk ke galeri Smartphone Anda.
  • Selesai.

Jika mau mengaturnya melalui Feed maka caranya masuk ke menu Profil yang berada di sebelah kanan bawah layar. Kemudian klik ikon garis tiga di samping kanan atas > klik Settings > Account. Selanjutnya klik Original Posts, aktifkan opsi Save Posted Photos dengan klik toggle yang muncul. Nanti foto dan video yang di unggah akan langsung tersimpan ke galeri ponsel Anda.

Baca juga:

2. Update Aplikasi Instagram

Salah satu penyebab foto Instagram tidak terlihat di folder galeri bisa jadi aplikasi yang dipakai sudah lama tidak di update sehingga fitur simpan gambar ke galeri tidak tersedia. Maka dari itu silahkan perbarui melalui Google Play Store. Untuk pengguna iOS bisa update aplikasi IG melalui App Store. Jika sudah di perbarui maka silahkan buka aplikasi Instagram dan mulai menyimpan foto dengan mengikuti cara pertama di atas.

3. Restart Ponsel Anda


Cara ketiga yang bisa dicoba adalah Restart ponsel Anda. Ini dilakukan agar bug pada HP atau bisa juga terjadi pada aplikasi IG dapat di atasi. Untuk caranya cukup mudah yaitu tekan lama tombol power sampai muncul tombol Mulai Lagi atau Restart. Tunggu proses pemulihan ponsel sampai selesai kemudian buka kembali Instagram Anda dan mulai menyimpan foto.

3 Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Muncul di Galeri

Sama halnya dengan Instagram, Whatsapp tidak hanya dipakai chating saja namun juga dipakai untuk mengirim foto dan video sesama pengguna. Nah, bagi Anda yang sedang mengalami foto tidak tersimpan di galeri, wajib mengikuti tutorial di bawah ini karena sudah ada cara untuk mengatasi permasalah tersebut.

1. Kesalahan pengaturan tanggal dan waktu

Perlu Anda tahu, server Whatsapp tidak dapat kita akses apabila ditemukan kesalahan pengaturan tanggal dan waktu pada ponsel. Maka dari itu sebaiknya atur tanggal dan jam di HP Anda agar program Whatsapp bisa mengeksekusi perintah untuk menyimpan gambar ke galeri.

2. Fitur Auto Save Non Aktif

Ada sebagian pengguna WA mematikan fitu Auto Save dengan alasan tidak ingin menyimpan foto atau file sembarangan. Jika fitur ini dimatikan maka secara otomatis foto, video dan dokumen tidak akan terunduh sehingga folder galeri HP tidak dapat membaca foto yang mau disimpan yang ada di Whatsapp. Agar foto yang dikirim di Whatsapp tersimpan otomatis sebaiknya aktifkan melalui menu Setelan > Penyimpanan dan Data > Unduh Otomatis Media.

3. Tidak sengaja menonaktifkan fitur penyimpanan galeri ponsel

Sebaiknya periksa fitur penyimpanan galeri siapa tau fitur ini hanya akan aktif apabila terhubung dengan Wifi. Jika hanya memakai jaringan hp maka foto tentu tidak dapat tersimpan pada galeri, Anda bisa mengecek nya melalui pengaturan Penyimpanan dan Data > Unduh Otomatis Media.

Akhir Kata

Itulah tutorial mengatasi foto di Instagram dan Whatsapp yang tidak tersimpan atau muncul pada galeri ponsel. Gunakan cara yang sudah dibuatkan di atas agar bisa mengatasi permasalahan tersebut. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya, Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Foto Instagram dan Whatsapp Tidak Muncul di Galeri"

close
.