Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Teks Gradasi di Canva

Daftar Isi [Tampil]

 Gradasi teks adalah teknik desain grafis yang menggabungkan beragam warna dalam sebuah kalimat atau kata-kata sehingga menciptakan efek perubahan warna yang halus atau transisi dari satu warna ke warna lain.

Cara Membuat Teks Gradiasi di Canva

Untuk membuat gradasi teks, biasanya Anda akan memilih dua atau lebih warna yang sesuai. Anda bisa menggunakan aplikasi Canva dalam membuat teks yang menampilkan gradasi, tentu saja Anda bisa memilih dan menggabungkan warna sesuai kemauan.


Penggunaan  gradasi teks dapat membantu memperkuat pesan atau brand yang ingin disampaikan dalam desain grafis dan membuat teks menjadi lebih menarik dan mudah diperhatikan oleh audiens.


Jika tertarik mempelajarinya maka simak tutorial ini karena situs zonausaha.com sudah membuatkan langkah-langkahnya yang bisa dipelajari berikut ini.

Tips Menampilkan Warna Gradasi

Untuk menampilkan warna Gradasi dengan baik dalam desain grafis, Anda perlu mempertimbangkan beberapa tips berikut:

  1. Pilih Warna yang Cocok
  2. Gunakan Gradasi dengan Tujuan
  3. Perhatikan Kontras
  4. Orientasi Gradasi 
  5. Konsistensi Warna

Ingatlah bahwa gradasi yang efektif dapat menambahkan elemen visual yang menarik dalam desain Anda, tetapi juga harus mendukung pesan yang ingin Anda sampaikan dan menjaga keterbacaan.

Begini Cara Membuat Teks Gradasi di Canva


Canva adalah sebuah alat desain grafis berbasis web yang populer yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis konten visual, termasuk desain dengan gradiasi teks. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membuat gradasi pada teks di Canva:

  • Akses Canva melalui browser web Anda dengan mengunjungi situs Canva.com. Anda bisa login menggunakan akun Google dan Facebook.
  • Pada tampilan beranda website, klik tombol Buat Desain dan tentukan ukuran kanvas atau kertas yang ingin dipakai misalnya A4, F4 dan sebagainya.
  • Pada tampilan lembar kerja, perhatikan tools di samping kiri. Disitu klik di pencarian dan ketikkan “bingkai”.
  • Lalu lakukan scroll sampai ketemu bingkai atau frame yang bentuknya huruf dari A-Z. Silahkan klik satu per satu bingkai huruf sesuai teks yang mau diberikan warna gradasi. Lakukan drag ke area kerja Anda. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Membuat Teks Gradiasi di Canva
  • Jangan lupa atur ukurannya agar sesuai dengan huruf lainnya.
  • Selanjutnya kita cari warna gradasi yang mau dipakai. Disini kita cari bentuk warna gradiasi dalam bentuk gambar. Anda bisa mencarinya melalui internet.
  • Jika sudah ketemu silahkan Anda simpan di laptop atau smartphone yang sedang dipakai membuka Canva.
  • Setelah itu masuk ke menu Unggahan > Unggah File. Cari file gambar gradasi yang sudah di unduh tadi.
  • Tarik gambar gradasi ke area kerja Canva.
Cara Membuat Teks Gradiasi di Canva
  • Agar teks yang kita atur tadi bisa menampilkan warna gradasi, caranya tarik foto gradiasinya ke bingkai huruf. Nanti secara otomatis huruf akan berubah menjadi warna gradasi.
  • Silahkan lakukan cara yang sama dengan huruf lainnya. Anda juga bisa memakai warna gradasi lainnya yang bisa di cari di internet.
  • Selesai.

Baca juga:

Akhir Kata

Dengan Canva, Anda dapat dengan mudah membuat teks dengan gradasi yang menarik tanpa perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang desain grafis. Canva menawarkan berbagai alat dan template yang memudahkan pengguna untuk menciptakan desain yang menarik dan profesional. Sekian tutorial kali ini semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda dalam menggunakan Canva untuk mendesain. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Teks Gradasi di Canva"

close
.