Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Sayuran Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Daftar Isi [Tampil]


 Mengonsumsi sayuran sudah menjadi hal biasa bagi kita yang tinggal di Indonesia. Bagaimana tidak, jenis sayur telah menjadi makan pokok dalam kehidupan sehari-hari yang sering dipadukan dengan nasi dan ikan.  Jika Anda ingin memulai usaha jualan sayuran maka dapat dipastikan dagangan Anda cepat laris terjual karena jenis makanan pokok ini sering dibeli setiap hari.

Usaha Sayuran Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Ada banyak manfaat sayur-sayuran saat dikonsumsi mulai dari mencegah stres, melancarkan buang air besar, membersihkan racun dalam tubuh, menjaga kesehatan mata dan lainnya. Ada banyak jenis sayuran yang sering dijual dan ada beberapa hanya laku setiap hari dikarenakan memiliki harga murah dan rasa yang enak sehingga banyak konsumen membelinya.


Sebelum memulai bisnis jualan sayuran sebaiknya Anda harus tahu jenis sayur yang menjanjikan dan menguntungkan saat dijual agar kita sebagai pemilik usaha tidak merasa rugi, apa lagi jenis jualan yang satu ini tidak bertahan lama. Lebih bagusnya lagi permintaan produk sayuran di Indonesia tidak pernah sepi, ini dibuktikan ada banyak penjual yang memasarkan sayurnya ke pasar dan toko online.


Nah, jika Anda ingin mencoba usaha jualan ini maka zonausaha.com sudah memberikan 10 jenis sayuran yang bisa dijual dan cukup menjanjikan. Jika ingin mengetahui sayur jenis apa yang dimaksud maka sebaiknya simak pembahasan ini sampai selesai.

10 Usaha Sayuran Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Ada 10 jenis sayur yang zonausaha rekomendasikan untuk Anda yang tertarik menjalani bisnis ini. Adapun sayur-sayuran yang dimaksud bisa dilihat berikut ini.

1. Sayur Bayam

Usaha Sayuran Yang Menjanjikan dan Menguntungkan


Jenis sayur yang pertama bisa Anda jual adalah bayam yang merupakan jenis sayur yang banyak disukai oleh masyarakat karena mengandung nutrisi yang bagus untuk tubuh. Selain itu proses penanaman sayuran bayam cukup mudah, Anda hanya perlu menyediakan pot sebagai media untuk tanah dan memberikan pupuk kotoran hewan agar bayam bisa tumbuh dengan baik.


Selain dijual ke pasar, Anda juga bisa mencoba menjualnya secara online dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Cara ini juga bisa memperluas penjualan sayur agar dapat dijangkau oleh masyarakat.

Bisnis jualan sayur bayam juga cukup memberikan keuntungan saat proses penanaman karena pada saat dipanen, kita hanya cukup mengambil batang dan daunnya saja. Sehingga akar tetap masih tertanam dan bisa tumbuh lagi untuk dipanen sehingga tidak perlu menanam ulang.

2. Kacang Panjang

Usaha Sayuran Yang Menjanjikan dan Menguntungkan
Kacang panjang merupakan sayuran yang tidak hanya disukai di Indonesia melainkan juga populer di Asia Tenggara dan Asia Timur. Anda bisa mencoba menjual sayuran kacang panjang di pasar maupun secara online. Sayuran jenis kacang ini merupakan salah satu jenis sayur yang dikenal ibu rumah tangga dan hampir setiap hari dimasak untuk dikonsumsi bersama keluarga.

Dengan menjual kacang panjang maka dapat menarik minat pembeli yang berasal dari ibu rumah tangga. Selain itu, dengan harga yang cukup murah membuat anak kos-kosan juga ikut membeli jenis sayuran ini untuk dimakan sehari-hari sehingga bisa menjadi rekomendasi usaha jualan sayur yang menjanjikan kedepannya.

Adapun keuntungan yang didapat dari bisnis kacang panjang adalah perawatan tanaman ini relatif mudah karena bisa ditanam sekali dan dapat diambil berkali-kali. Selain itu panen kacang panjang bisa 15 kali dalam setahun karena hanya membutuhkan waktu selama 50 hari pasca penanaman.

3. Daun Bawang

Usaha sayuran selanjutnya yang bisa dicoba adalah daun bawang. Jenis sayuran ini sangat dibutuhkan untuk kebutuhan memasak. Disamping itu juga daun bawang sering dicari untuk pengobatan suatu penyakit karena dipercaya mampu menyehatkan kulit dan rambut sehingga patut untuk dijual

Karena banyaknya kegunaan dan manfaatnya tersebut, permintaan daun bawang di masyarakat tidak pernah habis. Untuk masa panennya bisa 75 hari atau 2,5 bulan, jika tidak ingin menanamnya maka sebaiknya cari supplier sayuran murah di daerah Anda kemudian lakukan kerjasama agar stok daun bawang yang dijual tetap ada.

4. Sayur Kangkung

Sayur kangkung memiliki rasa yang enak saat direbus dan ditumis, maka tidak heran jika ibu rumah tangga dan pemilik usaha warung makan menyediakan sayur kangkung untuk dikonsumsi. Jenis sayur ini juga mudah ditemukan dan bisa dibeli dengan harga murah, dengan begitu kita bisa menjual sayur kangkung tanpa perlu kehabisan stok.

Di daerah pedesaan sangat mudah untuk menanam sayur dan banyak juga warga yang menyukai jenis sayuran ini sehingga cocok untuk usaha di daerah pedesaan. Agar sayur kangkung bisa tahan lama sebaiknya disimpan di kulkas.

5. Sayur Sawi

Sayur sawi sudah menjadi bahan masakan untuk ibu rumah tangga, biasanya jenis sayuran ini dicampur dengan cabe agar memberikan rasa yang luar biasa. Pemilik usaha warung makan juga sering membeli sayur sawi untuk dijadikan bahan masakan mie ayam, nasi goreng dan mie goreng. Dengan begitu peluang usaha sayuran yang satu ini cukup luas dan bisa mendapatkan keuntungan dengan cepat.

6. Sayur Daun Singkong

Selain akar singkong yang sering dimasak sebagai pengganti nasi dan juga dibuat cemilan seperti keripik. Daun pada singkong juga dapat dimasak dan memiliki rasa yang tidak kala enak dari sayur lainnya. Anda bisa mencoba memasukkan daun singkong sebagai daftar sayur yang ingin dijual karena harganya murah dan stok sayurnya mudah ditemukan. Lebih bagusnya lagi kita bisa menanam batang singkong dibelakang rumah karena proses pertumbuhannya tidak merepotkan.

7. Sayuran Brokoli

Brokoli termasuk sayuran yang bisa dijadikan menu makan baik di warung maupun di rumah. Jika Anda menjual sayuran brokoli dengan menjalin kerjasama dengan pemasok maka bisa mendapatkan stok jualan yang tidak habis. Untuk menjualnya sebaiknya periksa brokoli yang masih segar dan sebaiknya kemas brokoli dengan rapi.

8. Sayur Tauge

Jenis sayuran tauge cukup terkenal di banyak menu makanan seperti bakso, soto, mie ayam, nasi goreng dan lainnya. Bagaimana tidak kita bisa merebus dan menumis sehingga rasa yang diberikan sangat pas di lidah. Untuk memulai usaha sayuran ini kita bisa memasarkannya pada pemilik warung makan dan dijual ke pasar.

9. Sayur Selada

Sayur selada merupakan salah satu jenis sayur organik yang paling laris dijual, Anda tidak perlu repot-repot menanam selada karena ada banyak pengusaha sayur organik yang menjual selada dengan harga murah. 

Berdasarkan temuan Interational of Organic Agriculture Movement menyatakan bahwa perniagaan produk organik capai RP.1.143.45 triliun per tahun. Dengan nominal yang besar itu peluang usaha sayur selada cukup menjanjikan.

10. Sayur Seledri

Sayur seledri sering dipakai untuk bahan tambahan makanan yang biasa ditaburkan saat makanan sudah siap. Bagi sebagian orang mungkin seledri ialah sayur yang kuran diminati, namun jika Anda mahir memasarkan sayur ini maka bisa menghasilkan keuntungan setiap hari dikarenakan pemilik rumah makan sangat membutuhkan seledri untuk bahan makanan yang disajikan kepada pelanggan. Anda bisa menjadi supplier atau pemasok seledri kepada beberapa pebisnis rumah makan atau warung makan.

Cara Memulai Usaha Jualan Sayuran

Setelah mengetahui jenis sayuran yang menjanjikan dan menguntungkan saat dijual, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas mengenai cara memulai jualan sayuran. Nah, berikut ini zonausaha memberikan tips yang bisa dipelajari.

1. Tentukan Lokasi Jualan

Cara pertama adalah mencari lokasi Anda memulai bisnis. Usahaka lokasi yang dipilih aman dari polusi agar kualitas sayur masih bisa dijaga, jika ingin menjualnya secara online maka Anda hanya perlu menyimpan stok sayur di rumah dan mulai mempromosikannya ke media sosial.

2. Bekerjasama Dengan Pemasok Sayur

Cara kedua ini harus Anda lakukan agar tidak kehabisan stok dagangan. Pemasok bisa menjadi tempat bagi pelaku usaha dalam membeli dagangan dengan jumlah banyak dan harga murah. Anda bisa bekerjasama dengan para petani sayur yang sebagian dari mereka ada yang menekuni profesi supplier sayur.

3. Menawarkan Harga Murah

Seperti yang sudah dilihat ada banyak pedagan sayur di pasar dan media sosial. Para pemilik usaha sayur yang masih baru harus mahir dalam menarik minat pembeli, salah satu cara yang bisa Anda coba adalah memberikan harga murah dengan kualitas sayur yang segar.

Dengan menerapkan tips ini maka usaha Anda kedepannya bisa laris karena harga murah dan kualitas dagangan menjadi hal yang disukai konsumen.

4. Memperluas Target Pasar

Jika sebelumnya hanya menjual di pasar, Anda juga bisa memasarkan dagangan dengan menjualnya secara keliling dan mempromosikan sayur ke jejaring media sosial seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp.

Seperti yang sudah ditahu banyak ibu rumah tangga saat ini sering memakai aplikasi media sosial. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk memasarkan dagangan. Selain itu, ada juga yang malas ke pasar karena jauh dari rumah sehingga mereka sering menunggu pedagang sayur keliling.

Akhir Kata

Ada banyak ide jualan sayur yang bisa dicoba, demikianlah pembahasan mengenai usaha sayur yang menjanjikan. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini, untuk ide dan peluang usaha lainnya bisa Anda lihat pada situs zonausaha.com. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Usaha Sayuran Yang Menjanjikan dan Menguntungkan"