Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Bisnis Ikan Hias Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Daftar Isi [Tampil]

 

10 Bisnis Ikan Hias Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Saat ini ikan hias sudah menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda bisa memulai bisnis ikan hias dengan modal kecil dan meraup untung besar, salah satu bisnis ikan hias yang sering ditemui adalah bisnis ikan cupang.

Memulai usaha ikan hias bisa dilakukan oleh banyak orang karena hanya bermodalkan akuarium kecil dan bibit ikan yang akan di rawat hingga besar. Namun untuk merawat ikan hias, kita harus mahir memelihara ikan dan memberinya makan tepat waktu.


Tertarik berbisnis ikan hias? Berikut saya berikan 10 jenis ikan hias yang bisa dijual dan laku di pasaran. Anda bisa untung besar dari bisnis memelihara ikan.

1. Ikan Hias Cupang

Bisnis ikan hias yang pertama yaitu ikan cupang. Ikan jenis ini paling sering dicari banyak orang karena harganya cukup murah dan cara merawatnya tidak ribet. Anda cukup membeli ikan jantan dan betina sepasang, kemudian masukkan kedalam kolam yang berisikan air bersih.

Apakah usaha ternak ikan cupang menjanjikan? Usaha ikan cupang sangat menjanjikan karena modal yang dibutuhkan cukup kecil. Untuk membeli ikan cupang sepasang, bisa membelinya seharga Rp 50 ribu.

Anda tinggal memberi makan kedua ikan tersebut sambil menunggu mereka kawin dan ikan betina beranak. Setelah ikan betina beranak, silahkan pisahkan sang jantan dengan betina agar menghindari ikan jantan memakan anak-anak ikan cupang.

Untuk makanan ikan cupang yaitu kutu air, udang, cacing darah dan kutu air raksasa. Sedangkan kolam yang cocok untuk ikan cupang yaitu kolam yang terbuat dari terpal berukuran 100 x 50 cm. Anda bisa membelinya di situs belanja online Tokopedia dengan harga Rp17.500.

2. Ikan Hias Arwana

Jika Anda mencari ikan hias yang memiliki harga jual sangat tinggi, silakan budidaya ikan arwana. Ikan jenis ini biasanya ditemui di wilayah Kalimantan dan Papua, memiliki bentuk warna yang indah dan badan ikan yang besar membuat banyak orang tertarik memeliharanya di rumah.

Jika memiliki modal besar silakan jadikan ikan arwana sebagai bisnis ikan hias karena harga jual yang tinggi dan banyak orang menyukai ikan jenis ini sehingga menjadikan usaha ikan hias arwana sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Anda bisa memelihara anak ikan arwana yang memiliki harga lebih murah dibanding yang besar. Kemudian merawatnya hingga besar sampai memiliki harga jual yang cukup tinggi, untuk anak ikan arwana super berukuran 15 cm Rp5.750.000.

Untuk harga akuarium ikan arwana ukuran 160 x 50 cm Rp5.500.000. Mengenai makanan yang cocok untuk ikan arwana yaitu jangkrik, udang beku dan katak kecil dalam kondisi masih hidup.

3. Ikan Hias Mas Koki

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang bisa dijadikan ikan hias. Berasal dari China namun sangat terkenal Indonesia. Sudah sering ditemukan pemilik rumah memelihara ikan mas koki di akuarium cantik mereka. 

Keuntungan berbisnis ikan mas koki yaitu ikan jenis ini bisa bertelur dan beranak dalam waktu singkat dan bisa tumbuh besar dengan mudah tanpa perlu memberikan perawatan sulit.


Makanan ikan hias mas koki seperti kutu air, cacing darah, cacing sutra, sayuran caisim. Untuk jenis kolam yang digunakan berukuran 100 x 50 cm dengan ketinggian air 15 cm, supaya membuat ikan mas koki nyaman bertelur silakan masukkan tanaman eceng gondok sebagai tempat menempelnya telur ikan.

4. Ikan Gabus

Sering dicari banyak orang untuk dijadikan ikan hias, menjadikan ikan gabus termasuk bisnis ikan hias paling laku di pasaran. Kehebatan dari ikan ini mampu bertahan hidup di akuarium yang minim oksigen.

Nah, peluang inilah yang membuat banyak orang menjadikan ikan gabus sebagai sumber penghasilan.

Mengenai harga jual ikan gabus yang biasa disebut ikan channa Rp35 – 50 ribu untuk satu ekor. Sangat murah dibanding ikan jenis lainnya, jika serius berbisnis ikan gabus silakan sediakan kolam dan beli ikan dalam jumlah secukupnya kemudian mulailah budidaya ikan gabus supaya Anda bisa berbisnis ikan hias.

5. Ikan Hias Molly

Budidaya ikan hias yang mudah dan menguntungkan berikutnya yaitu Ikan molly, merupakan jenis ikan kecil yang memiliki aneka jenis warna dan bentuk yang unik. Ikan molly berasal dari benua Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Jika memiliki kolam berukuran kecil, Anda bisa mencoba bisnis ikan hias molly karena memiliki bentuk yang kecil. Untuk harga ikan molly oren ukuran 2,5cm - 3cm Rp1.500 per ekor dengan usia 2 sampai 3 bulan.

Makanan yang disukai ikan molly yaitu larva nyamuk, sayuran rebus seperti mentimun, wortel dan kacang polong.

6. Ikan Hias Guppy

Selain ikan cupang dan ikan molly yang bisa di pelihara dalam akuarium kecil, ternyata ada juga jenis ikan lain yang bisa dipelihara di kolam kecil seperti ikan hias guppy memiliki warna yang tidak kalah indah dari jenis ikan hias kecil lainnya.

Bisnis ikan hias gupyy cukup menguntungkan karena ikan ini bisa menghasilkan telur dengan jumlah 200 butir dari sekali bertelur, bayangkan jika Anda bisa merawat telur tersebut sampai menjadi ikan guppy yang bisa dijual, Anda bisa untung berkali-kali lipat. Itulah alasan kenapa ikan guppy bisa dijadikan bisnis ikan modal kecil untung besar.

Harga ikan guppy dengan kualitas sedang seharga Rp100.000 untuk satu pasang. Anda bisa membeli satu pasang ikan guppy kemudian merawatnya sampai bertelur dan menghasilkan anak ikan guppy yang bisa dijual.

Ikan guppy merupakan salah satu ternak ikan hias paling mudah karena makanannya mudah ditemukan seperti jentik nyamuk, cacing sutra, kutu air dan jenis hewan kecil lainnya. Ikan guppy mampu hidup selama 2 tahun dengan ukuran 1,5 – 6 cm.

7. Ikan Hias Oscar

Ikan hias oskar memiliki ciri khas bentuk corak yang unik dan sering ditemui memiliki warna dominan hitam, merah dan putih. Banyak pecinta ikan hias menyukai ikan oscar karena memiliki garis kuning yang melintang di tubuhnya, itulah kenapa ikan oscar termasuk jenis ikan hias menjanjikan

Ikan oscar berasal dari negara Brazil tepatnya di sungai Amazon. Ikan jenis ini termasuk ikan hias air tawar yang sering dipelihara di akuarium. Untuk anak ikan oscar memiliki harga Rp40.000 dan dewasa Rp120.000.


Apakah ikan oscar bisa hidup tanpa aerator? Ikan oscar tetap membutuhkan adanya oksigen, maka dari itu sebaiknya sediakan saja aerator supaya membuat ikan oscar merasa nyaman hidup di akuarium.

8. Ikan Hias Botia

Ikan botia memiliki warna yang unik karena memiliki warna kuning dan hitam. Di Negara Indonesia, jenis ikan ini sering dipelihara di akuarium sebagai ikan hias yang enak dipandang.

Anda bisa mencoba bisnis ikan botia karena sering dicari masyarakat yang hobi mengoleksi ikan hias. Anda bisa mendapatkan keuntungan memuaskan. Untuk harga jenis ikan ini sekitar Rp40.000.

Makanan yang disukai ikan botia adalah potongan bayam, daun selada, udang, cacing darah beku dan cacing tubifex.

9. Ikan Neon Tetra

Bukan tanpa alasan ikan jenis ini diberi nama neon tetra. Ikan ini memiliki ciri khas yang mempunyai sisik ikan yang terlihat mengkilap sehingga menyerupai warna neon, itulah kenapa diberi nama ikan neon tetra.

Berukuran 5 cm dan memiliki variasi warna biru terang dipadukan warna putih perak. Ikan ini sangat senang hidup bergerombol, sehingga membuat pembeli tertarik membelinya dengan jumlah banyak.

Anda bisa mendapatkan untung banyak jika orang datang membeli dengan jumlah banyak. Harga ikan neon tetra di pasaran berkisar 4 ribu per ekor. Dengan modal 50 ribu, Anda bisa membelinya 12 ekor.

Kemudian merawatnya supaya bisa beranak dengan jumlah banyak. Adapun resiko usaha ikan hias neon tetra yang harus Anda tahu yaitu mengenai perawatannya harus sering diperhatikan.

Karena ikan jenis ini cepat mati jika perawatannya tidak baik. Jika suhu air terkadang berubah dapat memicu munculnya penyakit pada ikan sehingga menimbulkan ancaman kematian pada ikan tersebut.

Apakah neon tetra perlu aerator? Ikan neon tetra tidak perlu adanya aerator karena dapat dengan mudah dipelihara dan bisa bertahan tanpa adanya filter udara, ukuran ikan ini bisa mencapai 3 – 4 meter. Makanan yang disukai neon tetra adalah serangga kecil seperti lalat dan cacing darah.

10. Ikan Platy Mickey Mouse

Ikan platy mickey mouse memiliki sifat yang sama dengan ikan neon tetra yaitu senang hidup bergerombol dan memiliki bentuk kecil sehingga cocok dijadikan hewan peliharaan di akuarium.

Ikan jenis ini berasal dari Amerika Utara dan Tengah, harga ikan platy mickey mouse Rp3.000 per ekor dengan usia 3 – 4 bulan. Anda bisa membelinya di situs belanja online yang menyediakan berbagai macam ikan hias.

Cara Memulai Bisnis Ikan Hias Yang Menguntungkan

Untuk cara memulai bisnis ikan hias supaya bisa dapat untung, bisa dimulai dari membeli bibit ikan hias yang sudah ditentukan, misalnya ikan cupang. Kemudian  membudidayakan ikan tersebut sampai menjadi banyak dan siap dijual.

Setelah itu menentukan strategi jualan yang akan digunakan, apakah menjual ikan secara keliling dan mendirikan toko atau menjualnya secara online saja. 

Jika memiliki modal kecil silakan jual secara online, Anda cukup menjualnya di rumah dengan memasarkan jualan ikan hias secara online di media sosial maupun situs belanja online.

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba jika ingin sukses bisnis ikan hias yaitu menjadi distributor ikan hias. Dengan menjadi distributor ikan hias, Anda bisa menjual ikan hias dengan jumlah yang banyak kepada penjual ikan hias kecil-kecilan yang sering ditemukan di pinggir jalan dan pasar.

Anda bisa mendapatkan keuntungan besar dari menjadi distributor ikan hias karena menjualnya dengan jumlah banyak.

Tips Sukses Usaha Ikan Hias Dari Modal Kecil

Anda yang memiliki modal kecil namun berniat membuka usaha ikan hias. Jangan khawatir karena dari modal kecil Anda bisa juga usaha ikan hias, caranya yaitu siapkan modal seadanya kemudian carilah jenis ikan hias yang menjanjikan dan sesuai dengan modal yang Anda miliki.

Setelah membeli ikan, Anda bisa menyediakan tempat ikan berukuran kecil yang harganya bisa dijangkau seperti kolam ikan cupang yang terbuat dari terpal. Anda bisa membelinya dengan harga Rp17.500. Untuk membelinya silakan kunjungi Tokopedia. 

Penutup

Itulah jenis ikan yang bisa dijadikan bisnis ikan hias, silakan coba peluang usaha ini jika memiliki modal dan jangan lupa pelajari cara merawat ikan hias yang akan di budidayakan, sehingga bisa dijual kepada masyarakat yang hobi mengoleksi ikan hias.

Baca juga : 10 Bisnis Budidaya Unik Yang Masih Jarang Digeluti

Posting Komentar untuk "10 Bisnis Ikan Hias Yang Menjanjikan dan Menguntungkan"