Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulang dari Barang Bekas yang Menguntungkan

Daftar Isi [Tampil]


  Bisnis kerajinan tangan daur ulang saat ini masih memiliki banyak peminat, karena sebagian masyarakat sangat hobi menjadikan produk kerajinan tangan sebagai pajangan dinding di rumah dan juga digunakan untuk mempermudah pekerjaan, misalnya tempat alat tulis yang terbuat dari kaleng bekas.

10 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulangdari Barang Bekas yang Menguntungkan

Bisnis ini terbilang sangat cocok bagi Anda yang hanya memiliki modal kecil karena Anda hanya perlu menyediakan bahan utama dari barang bekas yang bisa didapatkan dengan harga yang murah dan sebagian bisa dimiliki secara gratis misalnya sedotan bekas dan kaset CD.

Meskipun saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan barang yang berkualitas namun masyarakat sulit untuk membeli barang tersebut dikarenakan harga jualnya cukup mahal sehingga sebagian dari mereka beralih ke produk kerajinan tangan yang bisa dibeli dengan harga murah.


Jika ingin mencoba memulai usaha kerajinan tangan, Anda harus mahir membuat barang yang berguna dan layak untuk dijual. Jadi fokusnya bukan hanya dari desain yang menarik melainkan kerajinan tangan yang dijual bisa berguna bagi pelanggan.

10 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulang dari Barang Bekas yang Menguntungkan

Berikut ini saya berikan 10 ide dari produk kerajinan tangan yang bisa Anda coba, Anda juga bisa memulainya dari modal kecil sehingga tidak perlu khawatir mengenai biaya yang akan dikeluarkan.

1. Bisnis Kerajinan Tangan dari Ban Bekas

10 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulangdari Barang Bekas yang Menguntungkan

Bisnis kerajinan tangan yang pertama yaitu ban bekas yang bisa didaur ulang. Sudah sering kita jumpai pemilik usaha kerajinan tangan yang membuat meja, kursi, ayunan dari ban bekas. Anda hanya perlu mencari ban bekas mobil yang bisa Anda jadikan produk kerajinan tangan yang memiliki harga jual.

Jika Anda ingin memulai bisnis kerajinan tangan dari ban bekas, ada baiknya jika Anda latihan terlebih dahulu membuat kerajinan tangan dari ban bekas dan siapkan kebutuhan apa saja yang Anda butuhkan, misalnya lem, paku, ban bekas, cat dan sebagainya.


Dengan menggunakan ban bekas, maka Anda juga ikut membantu mengurangi limbah ban yang sulit hancur. Selain itu, membuat kerajinan tangan yang didaur ulang dari ban bekas dapat membuat lingkungan menjadi bersih.

2. Bisnis Kerajinan Tangan dari Sendok

10 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulangdari Barang Bekas yang Menguntungkan

Apakah Anda sering menemukan sendok plastik bekas yang sudah dibuang? Anda dapat menyulap sendok bekas tersebut menjadi sebuah kerajinan tangan, caranya adalah mengumpulkan sendok dengan jumlah puluhan atau bahkan ratusan kemudian kita daur ulang menjadi lampu hias yang terlihat menarik.

Biasanya sendok plastik bekas sering dijumpai dirumah makan, acara pernikahan, ulang tahun dan tempat yang mengadakan kegiatan tertentu. Sehingga Anda tidak usah membeli sendok plastik.

Adapun bahan lainnya yang dibutuhkan jika ingin membuat lampu dari sendok bekas yaitu lem, pisau cutter, botol plastik, cat dan kuas.

3. Bisnis Kerajinan Tangan dari Roll Tisu Toilet

Roll tisu toilet juga bisa Anda jadikan kerajinan tangan loh. Ada banyak contoh kerajinan tangan yang dibuat dari tisu toilet, misalnya Roll tisu bekas yang bisa jadikan wall art yang berfungsi mempercantik dinding ruangan, tempat alat tulis, tempat menyimpan perhiasan dan lain sebagainya.

Baca juga: Contoh Usaha Mikro di Pedesaan

4. Kerajinan Tangan dari Palet Kayu

10 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulangdari Barang Bekas yang Menguntungkan

Palet kayu sering tidak digunakan padahal memiliki kegunaan yang tidak semua orang tahu, misalnya menjadikannya sebagai pajangan dinding. Dengan memberikan cat pada palet kayu maka dapat membuat kerajinan tangan pajangan dinding yang menarik dan memiliki harga jual.

Biasanya setelah tidak dipakai, palet kayu akan dibuang atau dibakar. Anda dapat mengumpulkan palet kayu yang nanti bisa dijadikan bahan percobaan dalam membuat sebuah karya kerajinan tangan yang bisa dijual dan dipromosikan sebagai bisnis yang menguntungkan.

5. Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

10 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulangdari Barang Bekas yang Menguntungkan

Anda pasti berpikir kerajinan apa yang bisa dibuat dari kardus bekas? Ada banyak kerajinan yang bisa dibuat dari barang bekas yang satu ini misalnya meja untuk laptop, studio mini dari kardus, celengan kardus, kerajinan boneka dan lain sebagainya.

Lebih bagusnya lagi Anda tidak perlu repot-repot mencari kardus bekas karena setiap toko yang ada di pasar memiliki kardus yang sudah tidak dipakai. Anda hanya perlu memintanya ke pemiliki toko. Jika diharuskan untuk membeli setidaknya harganya tidak terlalu mahal.

6. Kerajinan Tangan dari Kancing Baju

Membuat kerajinan tangan daur ulang dari kancing baju bekas dapat Anda lakukan sebagai bisnis yang bisa booming. Kenapa? Sangat jarang kita temukan bisnis kerajinan tangan yang dibuat dari kancing baju dan celana. Anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk memulai sebuah bisnis.

Adapun contoh kerajinan tangan dari kancing baju yaitu hiasan dinding, pot bunga, tempat simpan pulpen dan gelang. Jika ada ide yang bisa Anda dapatkan maka sebaiknya gunakan untuk diri Anda sendiri.

Baca juga: Peluang Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah

7. Kerajinan Tangan dari Tutup Botol

Tutup botol sering kita temukan dari minuman bekas yang sudah dibuang. Jika memiliki waktu luang ada baiknya mengumpulkan tutup botol yang nanti bisa digunakan sebagai bisnis daur ulang kerajinan tangan.

Anda bisa mengubah tutup botol bekas menjadi hiasan dinding rumah, anting-anting wanita, gantungan kunci dan sebagainya agar bisa dijual sehingga menghasilkan keuntungan dari bisnis yang Anda mulai.

8. Kerajinan Tangan Daur Ulang dari Sedotan Bekas

Sama halnya dengan tutup botol, kita juga bisa menemukan sedotan bekas di jalan raya dan tempat warung makan. Dari pada menjadi sampah yang menumpuk ada baiknya jika Anda olah menjadi sebuah kerajinan tangan daur ulang seperti hiasan jendela, hiasan bunga dari sedotan, bingkai foto, lampu hias dan masih banyak lagi.

9. Kerajinan Tangan Daur Ulang dari CD dan DVD Bekas

Barang bekas lainnya yang tidak kalah bagus jika dijadikan ide bisnis kerajinan tangan adalah kaset CD dan DVD. Jika memiliki kaset bekas yang tidak terpakai maka buatlah sebuah kerajinan tangan seperti patung, jam dinding, bingkai foto, hiasan dinding, dudukan pot bungan dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Membuka Usaha Baru Bagi Pemula

10. Bisnis Kerajinan Tangan Keset Perca

Ide kerajinan tangan daur ulang yang bisa Anda jadikan bisnis adalah keset perca. Kain perca merupakan bahan dari sisa konveksi yang tidak lagi digunakan. Pada saat tidak dipakai kain jenis ini memiliki ukuran yang berbeda sehingga sulit untuk dipakai, namun jika berada ditangan orang kreatif maka dapat didaur ulang misalnya menjadi kaos, lap kaki dan selimut.

Akhir Kata

Dari 10 ide bisnis kerajinan tangan daur ulang di atas semoga bisa menjadi ide bagi Anda yang ingin memulai usaha. Untuk bahan pembuatannya yang bisa didapatkan secara gratis pasti akan mengurangi modal bisnis Anda nantinya. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulang dari Barang Bekas yang Menguntungkan "